Tari Golek Ayun-Ayun

0 70

Tari Golek Ayun-Ayun

Sebagai salah satu pusat peninggalan budaya Jawa, terutama peninggalan Kerajaan Mataram Islam, Yogyakarta melalui eksistensi keratonnya banyak mempunyai budaya yang dinilai adi luhung. Budaya-budaya peninggalan ini mulai tradisi berbagai upacara tradisional, makanan tradisional, bahasa hingga kesenian.

Salah satu cabang seni yang memiliki eksistensi yang cukup lama atau cukup tua adalah seni tari. Yogyakarta memiliki berbagai jenis tari tradisional atau klasik, yang hingga kini masih terjaga dan masih ditarikan. Salah satunya adalah Tari Golek Ayun-Ayun.

Tari Golek Ayun-Ayun diciptakan oleh KRT Sasminta Mardawa atau biasa dipanggil dengan sebutan Romo Sas. Beliau merupakan empu seni tari klasik gaya Yogyakarta, yang lahir pada tahun 1929. Dari tangan beliau lahir berbagai jenis tari mulai dari Beksan, Srimpi, Bedhaya, hingga Golek termasuk Tari Golek Ayun-ayun.

Romo Sas sejak kecil memang sangat menyukai dunia seni, sebelum kemudian menemukan kesenangannya dalam bidang seni tari. Ia adalah salah satu seniman yang berani melakukan penggabungan teknis tari klasik dengan kondisi jaman, namun tak menghilangkan esesninya.

Tari Golek Ayun-Ayun ditarikan oleh penari wanita tunggal. Tetapi dalam perkembangannya kerapkali ditarikan oleh beberapa penari perempuan. Tarian ini menggunakan gerakan yang lembut, seolah penari tengah bersolek. Biasanya tarian ini ditampilkan untuk menyambut tamu kehormatan.

Source http://hotelthecube.com/ http://hotelthecube.com/kala-gadis-muda-bersolek-diri-di-tari-golek-ayun-ayun-yogyakarta/
Comments
Loading...