Tari Gambang Semarang

0 818

Tari Gambang Semarang

Kota Semarang merupakan salah satu kota yang memiliki banyak keseniannya. Salah satunya adalah kesenian tari. Tari Gambang Semarang merupakan salah satu contoh kesenian tari di Semarang. Tari ini memiliki 3 ragam gerak baku, diantaranya ngondhek, ngeyek dan genjot. Ketiga gerak baku ini merupakan gerakan yang berpusat pada pinggul.

Selain itu ada juga gerakan tangan. Gerakan tangan yaitu gerakan yang menyertai ketiga ragam gerak, gerakan ini berpangkal pada pergelangan tangan dengan media gerak sebatas pusar hingga pandangan mata, sehingga memfokuskan pada bagian itu.

Tarian ini juga memiliki beberapa unsur-unsur yang terdiri dari unsur musik, vokal, dan juga lawak atau lelucon. Awal perkembangnnya Gambang Semarang memiliki ciri musikal yang sama dengan Gambang Kromon. Akan tetapi  dalam perkembangan ciri-ciri itu semakin memudar dengan ditampilkannya lagu-lagu khusus Gambang Semarang, lagu Рlagu daerah Semarang, lagu keroncong, dan lagu pop Jawa.

Yang menjadi ciri khas lebih dari tari ini yaitu macam-macam alat musiknya seperti kendang, bonang, kempung, suling, sukoh, balungan dll.Pada tari Gambang ini, pakain yang di gunakan para penari terdiri dari kebaya dan jarik, sedangkan untuk pelengkapnya biasanya menggunakan selendang.

Source Tari gambang semarang tarian tradisional semarang jawa tengah
Comments
Loading...