Tari Boboko Mangkup, Atraksi Tari dalam Bakul

0 93

Tari Boboko Mangkup, Atraksi Tari dalam Bakul

Ada yang begitu berbeda saat menyaksikan tari yang satu ini. Pemandangan bakul besar atau dalam bahasa Sunda disebut boboko. Terlihat dalam posisi terbalik berada di atas panggung dan tiba-tiba satu penari pria keluar dari balik bakul.

Dengan gaya seolah menjadi pemimpin, penari pria ini berputar-putar di sekitar boboko. Tiba-tiba, enam orang anak kecil keluar dari dalam boboko dan ikut menari bersama si penari pria. Itulah gambaran permulaan tari boboko mangkup yang melibatkan satu penari laki-laki, lima penari perempuan dan enam penari anak-anak.

Dalam tarian ini, penonton seperti dihibur dengan kejutan-kejutan yang dihadirkan tarian ini. Seperti ketika tiba-tiba keluar penari yang membawa ular dari balik panggung dan membuat gaduh suasana. Serentak kemunculan sang ular membuat anak-anak kecil berhamburan dan perlahan-lahan dari balik boboko muncul penari perempuan dengan hiasan kepala seperti mahkota yang menjulang tinggi.

Di panggung, kelima penari wanita ini berputar-putar memainkan boboko dengan gerakan lemah gemulai. Terkadang sesekali kelima penari ini seperti termenung melihat ke langit. Penari ini sesekali juga merentangkan tangan dan dengan jari-jari yang lentik menari di atas boboko yang terbalik diiringi iringan musik yang berasal dari kendang kecapi laras, salendro, dan kecapi laras madenda, suling, kolotok, kecrek/simbal, bas elektrik, gong besar.

Iringan musik ini membuat pertunjukan tari boboko mangkup semakin hidup. Perpaduan musik yang dinamis dengan gerakan tari yang rancak membuat tarian ini begitu menghibur bagi siapa saja yang menyaksikannya.

Boboko bagi masyarakat Jawa Barat adalah wadah atau tempat kehidupan di mana ketika boboko terisi oleh nasi maka keberlangsungan hidup akan terus berjalan. Tetapi manakala boboko sudah dalam posisi mangkub atau tertelungkup seperti menggambarkan hidup dan kondisi masyarakat yang sedangsulit. Untuk itu, masyarakat berusaha keras agar boboko jangan sampai kosong tanpa isi.

Source https://www.indonesiakaya.com/ https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/tari-boboko-mangkup-atraksi-tari-dalam-bakul
Comments
Loading...