Tari Beksan Guntur Segara Yogyakarta

0 103

Tari Beksan Guntur Segara

Beksan Guntur segara merupakan salah satu Tari Klasik Gaya Yogyakarta yang masih hidup hingga sekarang. Tarian in merupakan karya dari Sri Sultan Hamengkubuana I sekitar tahun 1700an. Beliau yang merupakan seorang militer dan pencinta seni menggunakan media seni tari sebagia sarana latihan kedisiplinan untuk para prajurit Kraton. Karakter pada Beksan Guntur Segara sangat menggambarkan karakter yang kuat, disiplin dan lugas.

Beksan Guntur sega menceritakan kisah Raden Joyoseno dari kerajaan Jenggala dalam misinya membuktikan diri bahwa dia adalah pangeran kerajaan Jenggala. Akhirnya Joyoseno harus membuktikan dir dengan bertarung dengan pangeran Jenggala yang lain bernama Raden Guntur Segara. Pertarungan terjadi namun kedua pihak tidak ada yang menang ataupun kalah dan akhirnya Raden Joyoseno diakui sebagai pangeran Jenggala.

Yang menjadi ciri khas dari tarian ini adalah ragam gerak yang disebut “Kambeng” dimana ragam tersebut merupakan bentuk gerakan karakter yang paling gagah dan tinggi tingkatannya. Gerakan ini menggambarkan karakter yang mantap. property senjata yang dipakai dalam tarian ini adalah Bindhi, Gada dan tameng. Tarian ini dibawakan oleh 4 orang penari dimana 2 penari memerankan karakter Radan Joyoseno dan 2 lainnya memerankan Raden Guntur Segara.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Tari-Beksan-Guntur-Segara/
Comments
Loading...