Tari Balega Di Tanah Manang

0 113

Tari Balega Di Tanah Manang merupakan salah satu tarian dari tanah Minangkabau yang ditarikan pada acara pembukaan Jogya International Arts Festival (JIAF) 2017 di ISI Yogyakarta pada tanggal 26 oktober.

Tarian ini ditarikan dengan sangat apik dan mempesona oleh para penarinya sampai mendapat aplouse dari penonton setelah tarian ini selesai di tarikan. Tarian ini menceritakan tentang perkembangan realitas perempuan yang berlaku dalam masyarakat Minangkabau saat ini.

Masyarakat Minangkabau sebagaimana telah di ketahui oleh khalayak umum merupakan salah satu dari beberapa kelompok sosial budaya saja di dunia yang bertahan menganut garis keturunan matrilineal atau garis keturunan yang ditentukan berdasarkan garis keturunan ibu atau perempuan.

Melalui jalannya system matrilineal itulah kemudian tercipta berbagai tradisi sosial budaya dalam masyarakat Minangkabau yang unik dan menarik terutama terkait tentang nilai-nilai keperempuannnya. Perihal itu dapat dilihat mulai dari aspek keberadaan, peran dan fungsi kaum perempuan menurut keyakinann filosofi sosial budaya (perilaku) kehidupan atau keseharian setiap individu perempuan di Minangkabau.

Dapat di garis bawahi disini, bahwa terdapat dua aspek tentang nilai-nilai keperempuan Minangkabau tersebut yaitu aspek keyakinan filosofi Minangkabau (ideologis/perilaku sosial perempuan Minangkabau) dan aspek praktek hidup keseharian (realitas/perilaku sehari-hari perempuan Minangkabau) dimana pada aspek yang kedua mereka bagian spesifikasi budaya Minangkabau dan perkembangan realitanya belum di ketahui oleh masyarakat luas

Pertunjukan Tari Balega Di Tanah Manang (Rotation around The Land Of Conquest) ini sekali lagi merupakan suatu ekspresi yang bertolak belakang dari upaya merepresentasikan perkembangan realitas keperempuan yang berlaku di dalam masyarakat Minangkabau saat ini. Sebuah tarian yang mengekpresikan perempuan Minangkabau yang apik dan elegan dan syarat makna terlihat sekali pada tarian ini.

Tari Balega Di Tanah Manang dengan kareografi oleh Dr. Susas Rita Loravianti, S.Sn., M.SN dengan composer M. Halim, S.Sn., M.SN serta dramaturg oleh Wendy HS, S.Sn., M.A, sedangkan penarinya Denny Maiyosta, Ifra Ganis, Syafrini, Intania Ananda, Jhonissa, Helen Putri Mahyeni, Leoni Intan Sari, Ryana Aulia Fitri.

Source https://myimhttps://myimage.idage.id https://myimage.id/tari-balega-di-tanah-manang-sangat-mempesona/
Comments
Loading...