Tari 1000 Tangan Kuan Yim, Semarang

0 47

Tari 1000 Tangan Kuan Yim merupakan salah satu tarian yang ditampilkan di Jogja International Street Performance  oleh Phoenik Dance Semarang di Monumen Serangan Oemoem 1 Maret Yogyakarta pada tanggal 24-25 September. Penampilan yang luar biasa dan dapat sambutan atau aplause yang sangat meriah dari para penikmat seni tari yang datang pada acara ini lepas tarian ini selesai di tarikan.

Tari 1000 Tangan Kuan Yim memang merupakan tarian yang spektakuler, di mana tarian ini ditarikan rata-rata adalah para penari professional dari Semarang. Tari 1000 Tangan Kuan Yim bercerita tentang Chien Chiu Koan Im (Koan Im bertangan seribu) atau kadang juga disebut Chien Shou Chien Yen Koam Im (Koam Im bertangan seribu dan bermata seribu) merupakan bentuk Koam Im yang terkenal dimana  masing-masing tangannya memegang benda pusaka keagamaan, antara lain bunga dan senjata penakluk iblis.

Dalam legenda di kisahkan pada waktu itu Koam Im sedang meditasi dan merenungkan tugasnya untuk menyelamatkan umat manusia, tiba-tiba kepalanya terbelah menjadi seribu, tepatnya pada saat beliau menyadari betapa berat dan besarnya hal yang harus dia lakukan di bumi ini. Pada waktu itu BUdha amitabha sebagai pembimbingnya cepat datang untuk menolong dan menghidupkan kembali Koam Im, serta memberikan kesaktian untuk berubah menjadi bentuk kepala seribu, mata seribu dan tangan seribu.

Dalam perkembangannya Tari 1000 Tangan Kuan Yim dipadukan dengan gerakan-gerakan yang kompak dan rancak sehingga menambah keindahan dari tarian ini sendiri. Tarian ini ditarikan oleh penari putrid semua dimana disetiap geraknya sangat padu dengan lagu yang mengiringnya. Lagu yang mengiringi tarian inipun berbau unsur budaya Negara Cina yang menambah keelokan tarian ini. Kastum yang dipakai oleh penari semua hampir berwarna kuning yang dipadu dengan warna emas, 11 penari dimana semua tangan kanan atau kiri ada gambar mata yang menggambarkan mata seribu.

Ketika di abadikan dari tengah ketika tangan membentuk 360 derajat keindahan tari ini sangat eksotis apalagi dipadu dengan gerakan-gerakan badan dan kepala yang sangat serasi dan kompak. Setiap gerakan yang ditarikan semacam memancarkan cahaya tersendiri. Tari 1000 Tangan Kuan Yim secara jelas menggambarkan keberadaan Kuan Im secara utuh. Memang luar biasa sekali tarian ini di tarikan oleh Phoenik Dance From Semarang di acara Jogja International Street Performance 2017.

Source https://myimage.id https://myimage.id/tari-1000-tangan-kuan-yim/
Comments
Loading...