Tahap Keempat Tradisi Tedhak Siten Di Jawa

0 175

Tahap Keempat Tradisi Tedhak Siten Di Jawa

Tedhak Siten merupakan salah satu adat dan tradisi masyarakat Jawa  (Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta). Tradisi Tedhak Siten (Tedak Siten) juga dikenal sebagai ritual turun tanah pertama kali bagi bayi.  Istilah dari Tedhak Siten sendiri berasal dari dua kata yaitu Tedhak yang berarti kaki atau langkah dan Siten yang berasal dari kata Siti yang artinya tanah. Jadi, tedhak siten merupakan sebuah acara adat dimana seorang anak yang berumur tujuh lapan (7 x 35 hari atau 245 hari) akan dituntun oleh ibunya untuk berjalan menapak diatas tanah.

Dalam pelaksanaan ritual atau tradisi Tedhak Siten biasanya dihadiri oleh keluarga inti (ayah, ibu, kakek dan nenek) serta kerabat keluarga lainnya.

Tahap 4


Anak dimasukkan dalam kurungan ayam, dimana di dalam kurungan tersebut telah disediakan berbagai benda seperti buku, uang, mainan, makanan dan berbagai benda lainnya. Benda yang dipilih oleh sang anak merupakan gambaran dari potensi anak yang diharapkan akan membantu orang tua untuk bisa mengasah potensi tersebut dengan baik.

Sang anak yang berusia sekitar 8 bulan dipercaya masih memiliki naluri atau insting yang belum tertutupi oleh hal-hal lain, dan pada saat yang sama mereka sudah mampu merespon dunia luar dengan baik. Hal inilah yang membuat sang anak akan memilih benda yang sesuai dengan insting mereka, yang dipercaya sebagai potensi yang ada dalam diri mereka.

Source http://www.tradisikita.my.id/ http://www.tradisikita.my.id/2018/07/tedhak-siten-ritual-adat-turun-tanah.html
Comments
Loading...