Tahap Kedua Tradisi Tedhak Siten Di Jawa

0 193

Tahap Kedua Tradisi Tedhak Siten Di Jawa

Tedhak Siten merupakan salah satu adat dan tradisi masyarakat Jawa  (Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta). Tradisi Tedhak Siten (Tedak Siten) juga dikenal sebagai ritual turun tanah pertama kali bagi bayi.  Istilah dari Tedhak Siten sendiri berasal dari dua kata yaitu Tedhak yang berarti kaki atau langkah dan Siten yang berasal dari kata Siti yang artinya tanah. Jadi, tedhak siten merupakan sebuah acara adat dimana seorang anak yang berumur tujuh lapan (7 x 35 hari atau 245 hari) akan dituntun oleh ibunya untuk berjalan menapak diatas tanah.

Dalam pelaksanaan ritual atau tradisi Tedhak Siten biasanya dihadiri oleh keluarga inti (ayah, ibu, kakek dan nenek) serta kerabat keluarga lainnya.

Tahap 2

Sang anak akan dituntun untuk menaiki tangga yang terbuat dari tebu. Pemilihan tebu yang dianggap sebagai singkatan dari antebing kalbu atau mantapnya hati merupakan bentuk harapan agar sang anak memiliki ketetapan hati dalam menjalani setiap tahap kehidupannya kelak, dimana setiap anak tangga yang dilewati merupakan simbol dari tahapan kehidupan.

Source http://www.tradisikita.my.id/ http://www.tradisikita.my.id/2018/07/tedhak-siten-ritual-adat-turun-tanah.html
Comments
Loading...