Syukuran Kehamilan Adat Dan Tradisi di Bulan Kelima

0 143

Syukuran Kehamilan Adat Dan Tradisi di Bulan Kelima

Kehamilan merupakan sesuatu yang sangat diidam-idamkan oleh semua pasangan suami-isteri, karena dengan begitu mereka bisa meneruskan garis keturunannya. Bahkan untuk saat ini banyak sekali orang-orang yang bahkan sampai rela bolak-balik ke rumah sakit, minum obat penyubur kandungan, meminum ramuan-ramuan herbal, bahkan ada pula yang sampai datang ke dukun.
Karena kesukaran-kesukaran yang dialami pasangan-pasangan ini, jadi banyak keunikan-keunikan yang dilakukan masyarakat untuk menunjukkan rasa syukur atas kehamilan seorang wanita biasanya dengan wujud syukuran kehamilan kepada tetangga sekitar. Di Jawa khusunya,upacara peringatan yang digelar untuk ibu hamil masih terus digelar sampai sekarang. Mulai dari bulan pertama sampai bulan ke sembilan tiap bulannya. Bahkan tujuan peringatan pada tiap bulannya berbeda-beda.
Bulan Kelima
Upacara lima bulanan jarang ditenui saat ini, menurut informasi upacara ini menyajikan ketan yang ditaburi dengan kelapa yang ditaburi dengan gula, bahkan ada pula orang yang menambahinya dengan taburan kacang yang sudah di ulegatau dihaluskan agak kasar. 
Untuk hidangan yang diberikan kepada para tetangga adalah nasi dan sayur hijau yang dimasak urap-urap dan diletakkan dalam daun pisang dan diberikan diatas tampah, atau tempat yang terbuat dari anyaman bambu. Pada upacara ini disediakan juga rujak dari 7 jenis buah.
Source https://manfaatuntukibuhamil.blogspot.com/ https://manfaatuntukibuhamil.blogspot.com/2016/05/syukuran-kehamilan-adat-dan-tradisi.html
Comments
Loading...