Syair Bahasa Jawa Tengahan

0 42

Syair Bahasa Jawa Tengahan banyak dipakai pada jamn kerajaan Majapahit. Dan pada saat itu bahasa Jawa Tengahan sudah menjadi bahasa harian. Hanya golongan pujangga-pujangga saja yang masih menggunakan bahasa kitab-kitab. Di golongan bangsawan, bahasa Jawa-kuna sudah tidak lagi dipahami. Pemerintah yang biasanya menggunakan bahasa Jawa-kuna dalam menulis di batu atau tembaga, terpaksa menulis dengan menggunakan bahasa Jawa Tengahan. Hal itu menunjukkan bahasa umum atau bahasa Jawa Tengahan sudah menjadi bahasa pemerintah.

Dalam hal kitab bacaan, orang-orang di jaman itu sudah tidak lagi dapat membaca syair-syair dalam bahasa Jawa-Kuna. Tumbuhnya syair-syair berbahasa umum bersamaan dengan tumbuhnya tembang macapat. Belum diketahui bagaimana tumbuh dan darimana datangnya tembang macapat itu. Ada beberapa syair Jawa Tengahan yang memakai tembang gede dan tembang kawi. Tetapi syarat-syarat irama itu sudah tidak lagi dipenuhi. Orang hanya berpegang pada jumlah suku kata dalam tiap setengah suku. Kitab seperti itu yang sudah dijumpai baru dua buah kitab, yakni : kitab Dewa Ruci dan kitab Suluk Sukarsa. Akan tetapi pada saat ini, kitab Dewa Ruci dianggap sebagai kitab yang paling tua.

Kitab-kitab bahasa Jawa-Tengahan bertembang macapat yang layak dijadikan contoh adalah Kitab Sudamala, kitab ini menceritakan lakon wayang; kitab Kidung Subrata,  yang memuat hal filsafat; kitab Panji Angreni, yang di dalamnya terdapat angka-angka tahun yang berupa Sangkalan (chronogram). Menurut angka tahunnya, kitab ini tergolong muda. Akan tetapi, angka itu adalah angka dimana kitab itu disalin, kitab induknya tentu lebih tua lagi karena dilihat dari segi bahasanya; dan kitab Sri Tanjung, kitab ini sudah tergolong kitab yang masih muda. Menurut Mardianto (1996 : 119 ) bahwa bahasa Jawa-Tengahan juga digunakan dalam kidung, sedangkan tembang menggunakan bahasa Jawa Baru.

Source http://silviaottinugraheni.blogspot.co.id http://silviaottinugraheni.blogspot.co.id/2014/07/kritik-sastra.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.