Suluk Saloka Jiwa

0 48

Suluk Saloka Jiwa adalah Karya Ranggawarsita yang ditebitkan oleh percetakan Albert Rusche, Surakarta 1915. Karya ini di cetak dengan buruf dan bahasa jawa, setebal 32 halaman, dan bersekar macapat. Isi serat ini adalah merupakan sebuah kisah simbolik tentang perjalanan spiritual dan perkawinan antar  agama terhadap kebudayaan lokal.

Di kisahkan dalam serat ini tentang Syeh Suman yang pergi ke Turki untuk mendalami ajaran Marifat dari master-master sufi di Turki. Di Turki Syeh Suman bertemu dengan seorang master bernama Syeh Usman Najib. Sebagai seorang Dewa Hindu, maka Wisnu yang menjelma sebagai Syeh Suman yang akan berguru ilmu keislaman, tetap beragama Hindu namun batinnya memeluk agama Islam. Hal ini menerangkan bahwa tidak harus pindah agama untuk mendalami ilmu marifat, yang terpenting adalah jiwanya, jiwanya Tunduk kepada Kehendak Dia yang Maha, dan dapat melihat kehadirannya di Timur dan Barat, dan kemana wajah dipalingkan maka yang terlihat adalah DIa, yang satu dan esa adanya.
Di dalam kisah ini ada dialog  Mistik Usman Najid, Takrul Alam, Bukti Jalal, Pramana Jati, Brahmana Darma, dan Syeh Suman. Dialog Tanya jawab ini membeberkan tentang Ilmu kesempurnaan, “Sesungguhnya sebelum ada apa-apa, dalam kondisi awing uwung (keadaan kosong), yang ada hanya Tuhan. Tuhan menciptakan cahaya Nu ru’yah, kemudian menjadi unsur-unsur yang terurai menjadi tanah, api, angin (udara) dan air. Kemudian unsur-unsur itupun terurai kedalam berbagai bentuk unsure yang kemudian menjelma menjadi kehidupan di dunia.
Adapun dialog tentang adanya Tuhan dan hubunganya dengan manusia di uraikan sebagai berikut, Tuhan telah ada sebelum adanya alam kosong. Tuhan telah bersemayam dalam mukat ghaib. Tuhan diibaratkan sebagai halnya huruf Alif, yang di sifati dengan wajib al-wujud. Istilah wajib al Wujud dalam ilmu kalam, berarti ada dari Dzat-Nya sendiri, tanpa sebab dari luar. Dan adanya adalah wajib artinya pasti  adanya.  Adapun sifat-sifat Tuhan diuraikan sebagai : Yang Esa itu sungguh satu adanya, dan hanya benar-benar satu adanya.
Source https://www.surahman.com https://www.surahman.com/mengenal-suluk-saloka-jiwa/

Leave A Reply

Your email address will not be published.