Singa Reog

0 149

Singa Reog

Kesenian Singa Reog dimana sebelum kesenian tersebut dipentaskan para sesepuh adat di Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan melakukan ritual melantunkan doa dan membakar kemenyan, lalu ketika Singa Reog ini mulai dipentaskan pertama-tama para penari menampilkan Tarian Sisingaan diiringi musik gamelan Khas Sunda, dan para penari tersebut mengelilingi tunggangan berupa sisingaan (sisingaaan = singa bohongan) yang kemudian sisingaan tersebut dinaiki anak kecil. Sesaat setelah itu para penonton pun ikut menari.

Nah pada saat-saat inilah biasanya langsung muncul ciri khas magis dari kesenian Singa Reog ini yaitu para penari mulai kesurupan. Kesenian Singa Reog sudah ada sejak tahun 1970-an dimana pada awalnya Singa Reog ini biasanya ditampilkan dalam acara-acara tertentu seperti sunatan, pernikahan, ataupun syukuran, namun sekarang seiring berjalannya waktu, kesenian Singa Reog ini sudah jarang dijumpai lagi.

Dengan semakin jarangnya yang mementaskan serta sedikitnya litelatur yang menjelaskan tentang kesenian ini, saya kira pasti banyak yang tidak tahu tentang kesenian Singa Reog ini, termasuk saya yang baru tahu kemarin-kemarin hehe (aduh parah ya malu-maluin, tidak hapal dengan kesenian daerahnya sendiri), nah saya kira disini peran Pemerintah Daerah sangatlah penting untuk mengangkat serta mensosialisasikan kembali berbagai kesenian yang ada di daerahnya, khususnya pada generasi muda…karena walau bagaimanapun, suatu kesenian merupakan hasil cipta, rasa, dan karsa yang menjadi budaya dan pastinya menjadi harta yang paling berharga, sangat disayangkan bila tidak dilestarikan.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Singa-Reog/
Comments
Loading...