budayajawa.id

Silem-Sileman: Permainan Tradisional dari Jakarta

0 7

Belasan tahun silam permainan silem-sileman sangat terkenal di kalangan masyarakat, khususnya anak-anak sepanjang aliran Ci Liwung. Dimana pada saat itu aliran Ci Liwung masih lebih bersih dibandingkan sekarang. Cara bermainnya yakni berusaha menenggelamkan tubuh pemain lain dan berenang sambil menyelam. Permainan ini biasanya diminati oleh anak-anak dengan usia belasan tahun atau anak-anak yang sudah berani dan bisa berenang. Permainan ini juga dimainkan di bagian wilayah Indonesia lainnya yang dekat dengan aliran sungai atau pantai.

Silem-sileman tidak memerlukan peralatan khusus. Akan tetapi arena bermainnya membutuhkan wahana air seperti aliran sungai. Sebelum permainan dimulai dilakukan pengundian untuk menentukan siapa yang menjadi penjaga dan siapa yang akan dikejar. Setelah undian selesai, penjaga akan berusaha mendekati pemain lainnya.

Pemain yang akan dikejar harus berusaha menjauh secepat mungkin setelah mengetahui siapa penjaganya. Salah satu cara menjauhnya adalah dengan menyelamkan tubuhnya ke dalam aliran sungai agar dapat mengelabui penjaga. Sebaliknya, penjaga harus berusaha menyergap cepat dengan menyelam juga. Jika salah seorang pemain dapat disentuh di permukaan air, maka terjadi pergantian penjaga. Demikian seterusnya hingga semua pemain sepakat untuk mengakhiri permainan.

Source http://budaya-indonesia.org/Silem-Sileman http://budaya-indonesia.org
Comments
Loading...