Silat Maen Tjingkrig, Aset Budaya Betawi

0 182

Silat Maen Tjingkrig, Aset Budaya Betawi

Bela diri Maen Tjingkrig merupakan warisan budaya Betawi yang masih eksis hingga saat ini. Silat ini tak kalah hebat dengan silat-silat Betawi lainnya. Bahkan bisa menandingi bela diri asal luar negeri. Silat ini hanya terdiri 50% Tjingkrig dan sisanya perpaduan dari bela diri lain.

Salah satu bentuk inovasi yang dilakukan oleh Bang Lutfi adalah jurus untuk mengatasi serangan senjata tajam maupun senjata api. Silat Maen Tjingkrig berdiri sejak tanggal 9 Agustus 2013. Meskipun perguruan silat ini bisa dibilang baru berdiri, tapi sudah mempunyai 27 cabang yang tersebar di wilayah Jakarta, Bekasi, Bogor dan Depok.

Beberapa prestasi  yang diraih yaitu berbagai ajang kompetisi diantaranya kejuaraan IPSI pada tahun 2013 berhasil menyabet juara dua, ditahun 2014 kejuaraan yang diselenggaran oleh  FORMI berhasil masuk sepuluh besar, dan ditahun 2015 kejuaraan di JKTC berhasil mencapai juara dua saat dikalahkan oleh tim Malaysia . Itulah deretan bukti nyata prestasi yang pernah diraih oleh Silat Maen Tjingkrig.

Source http://www.mediakontak.com/ http://www.mediakontak.com/2016/01/silat-maen-tjingkrig-aset-berharga.html
Comments
Loading...