Silat Cingkrik

0 111

Silat Cingkrik

Betawi atau lebih sering dikenal DKI Jakarta merupakan salah satu pusat pemerintahan negara kita tercinta, Indonesia. Ternyata, tidak hanya itu ciri khas Betawi lho! Betawi juga memiliki banyak kebudayaan yang spesial jika dibandingkan dengan daerah atau negara lain. Salah satunya adalah Silat CIngkrik. Wah, apa itu Silat Cingkrik?

Silat Cingkrik merupakan salah satu aliran silat Betawi. Awalnya aliran ini berasal dari daerah Rawa Belong, Kecamatan Kebon Jeruk, Jawa Barat. Silat Cingkrik ini kini telah tersebat ke berbagai tempat di Jakarta dan berbagai daerah. Dalam silat ini beberapa gerakannya adalah berlompat-lompat dengan satu kaki. Gerakan melompat ini disebut Orang Betawi ‘jejingkrikan’. Kemudian, kata inilah yang mendasari nama silat ini, yakni Jingkrik, Cingkrig, atau Cingkrik.

Aliran Silat jenis ini telah berkembang diberbagai daerah dengan jurusan yang berbeda. tidak seluruh gerakannya berbeda, melainkan hanya jurus membuka gerakannya. Salah satu faktor yang membuat silat ini berkembang dengan pesar adalah singkatnya waktu yang diperlukan untuk memperlajari silat ini. Umumnya, jurus-jurus Cingkrik dapat dikuasai seseorang dalam waktu 6 bulan dengan latihan yang teratur. Hingga saat ini, Silat Cingkrik memiliki 12 jurus.

Saat ini, telah terdapat banyak sanggar untuk berlatih pencak silat. Salat satu sanggar yang masih melestarikan Silat CIngkrik ini adalah Sanggar Si Pitung. Sanggar si Pitung terdapat di kawasan Rawa Belong, Kelurahan Sukabumi Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Masyarakat yang merasa tertarik da ingin mempelajari silat ini dapat memperoleh latihan silat di sanggar ini. Ayo, lestarikan pencak silat Betawi!!

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Silat-Cingkrik/
Comments
Loading...