Sesajen Asrep- Asrepan Jawa

0 413

Sesajen Asrep- Asrepan Jawa

Sesajen di pulau Jawa sangat terkenal sejak zaman dahulu dan sudah tidak asing lagi bagi masyarakat setempat. Sesajen Jawa memiliki berbagai macam. Salah satu Sesajen itu ialah Sesajen Asrep-Asrepan.

Sesajen tersebut merupakan Sesaji berupa nasi putih, dua potong tempe bakar, dan sebutir telur matang yang sudah dikupas kulitnya. Semua itu di tempatkan di sebuah tampah yang di beri alas daun pisang. Istilah Asrep-Asrepan mengacu pada semua Sesaji yang tidak memiliki rasa kecuali rasa tawar. Berbeda dengan Sesaji yang lainnya yang memiliki beraneka rasa yang timbul dari berbagai macam makanan.

Demikian pula dengan nasi putih, tempe bakar, dan telur matang pada Sesaji ini pun tidak memiliki rasa apa pun kecuali rasa tawar. Adapun makna Sesaji Asrep-Asrepan adalah menggambarkan keberhasilan seseorang dalam menjalani hidupnya selama di dunia. Dalam keadaan menjelang tua, ia sudah tidak mempunyai keinginan apa-apa, dapat dikatakan berhasil mengekang hawa nafsunya.

Nasi itu di bentuk bulat dan di letakkan ke tampahnya, masyarakat selalu menjaga adat yang telah di berikan nenek moyang sebagai wujud adat turun temurun.

Source Sesajen Asrep- Asrepan Jawa primbon jawa kuno
Comments
Loading...