Seru Tapi Bikin Emosi, Inilah Tradisi Perang Balon Air Kala Ramadan yang Hanya Ada di Pemalang

0 21

Seru Tapi Bikin Emosi, Inilah Tradisi Perang Balon Air Kala Ramadan yang Hanya Ada di Pemalang

Sebagai negara yang didominasi penduduk beragama Islam, nggak heran kalau Indonesia selalu menyambut datangnya ramadan dengan begitu meriah. Begitu luasnya negeri ini juga membuat masing-masing daerah punya cara tersendiri untuk memeriahkan hadirnya bulan suci.

Salah satunya kota Pemalang, di sana punya kebiasaan perang balon air saat ramadan. Tradisi perang air ini hampir selalu dilakukan di bulan puasa, tepatnya di kawasan Alun-alun Pemalang. Proses tradisi sendiri adalah dengan melempari para pengguna kendaraan bermotor yang melalui jalan sekitar alun-alun. Baiknya, tiap pengendara yang melalui kawasan tersebut harus berhati-hati, karena semua bakal jadi sasaran lemparan balon air, apalagi kalau yang lewat cewek, bakal lebih banyak serangan balon air yang diluncurkan.

Ternyata, selain unik tradisi lempar balon air juga sudah dilakukan sejak zaman dulu, bahkan dipercaya ada sejak puluhan tahun lalu. Hal itu dibuktikan oleh pernyataan salah satu netizen yang mengaku sudah tahu tradisi tersebut sejak masih kecil, dan sekarang usianya genap 30 tahun. Tradisi itu sendiri dilakukan sepanjang bulan puasa di pagi hari, tepatnya sesaat setelah shalat subuh.

Dalam permainan tersebut diketahui jika para pelempar tidak mencari target khusus, mereka melemparkan balon air secara random, alias siapa saja yang lewat di sekitar di Widuri. Terlebih, jika yang lewat itu cewek, biasanya bakal lebih banyak yang memberi lemparan air.

Source https://www.boombastis.com/ https://www.boombastis.com/tradisi-perang-balon-air/108184

Leave A Reply

Your email address will not be published.