Serat Wyanjanamurti : Serat Kramaleya

0 58

Serat Wyanjanamurti : Serat Kramaleya

Naskah terdiri dari 2 teks yaitu :

  1. Serat Wiyanjanamurti (Wyanjana Utama) (1-269). Menceritakan perjalanan hidup Syarif Mail, anak raja negri Basoroh yang mengembara menuntut ilmu sampai dengan naik tahta di negri Betalmukadas.

Naskah ini terdapat banyak informasi tentang penulisan maupun penyalinan (h.iii, 1, 268), namun sedikit membingungkan. Kesimpulannya secara ringkas :teks asli dikarang pada tahun 1897 oleh Wiryadimeja (paneket dhusun Songgung) dengan dibantu oleh Ng. Citrawilata (tilas mantri ngippir ing Kadipaten Sragen) dan Ng. Suraprabawa (abdidalem mantri Kaneman Kaparak Kiwa ing nagari Surakarta). Nama Suraprabawa ini juga disebutkan dalam sandiasma. Penyalinan bagian naskah ini berlangsung antara bulan januari sampai mei 1905 di Surakarta, nama penyalinnya tidak disebut.

Teks ini dialih aksarakan pada jaman Panti Boedja. Lihat MSB/P89a. Naskah lain dengan isi teks yang sama (diturunkan oleh Suraprabawa) dapat dilihat pada MSB/P87.

  1. Serat Kramaleya (269-734). Menceritakan kisah bangsa Nganten Krameleya. Teks belum selesai. Tidak ada keterangan lain tentang asalmuasal teks; penyalinannya oleh orang yang sama yang menyalin bagian naskah pertama, juga sekitar tahun 1905. Teks Kramaleya ini sama resensinya dengan MSB/L189-190, hanya lebih lengkap. Jumlah pupuhnya 38.

Naskah dilengkapi dengan ringkasan serta cuplikan gatra pertama tiap pupuhnya, yang dibuat pada jaman Panti Boedja oleh R. Tonojo, sebanyak 11 halaman tik-tikan.

Source http://navigasi-budaya.jogjaprov.go.id http://navigasi-budaya.jogjaprov.go.id/heritage/naskah-kuno/1658#prettyPhoto
Comments
Loading...