Serat Wedhatama: Pupuh Gambuh dan Gancaran (Artinya) Pada 18 – Pada 35

0 54

Serat Wedhatama: Pupuh Gambuh dan Gancaran (Artinya) Pada 18 – Pada 35

Serat Wedhatama adalah Sastra tembang atau kidungan jawa karya Mangkunegara IV Wedhatama (berasal dalam bahasa  Jawa; Wredhatama) yang berarti serat (tulisan/karya) wedha (Ajaran) tama (keutamaan/utama). Serat Wedhatama terbagi menjadi 5 pupuh yaitu : pangkur, sinom, pucung, gambuh dan kinanthi. Dalam Pupuh Gambuh mengajarkan untuk mengungkapkan limpahan anugerah Tuhan YME harus ditebus dengan penghayatan mutlak, didasarkan pada kesucian batin, menjauhkan diri dari watak angkara murka (sifat egois yang berlebih-lebihan), serta ketekunan melakukan sembahyang. Langsung saja kita simak kelanjutan pupuh gambuh dan terjemahan bebasnya serta gancarannya berikut ini dari Pada 18 sampai Pada 35.

Pada 18

Ruktine ngangkah ngukut, 
ngiket ngrukut triloka kakukut, 
jagad agung gimulung lan jagad cilik, 
Den kandel kumandel kulup, 
mring kelaping alam kono.

Cara menjaganya dengan menguasai, mengambil, mengikat, merangkul erat tiga jagad yang dikuasai.Jagad besar tergulung oleh jagad kecil,Pertebal keyakinanmu anakku !Akan kilaunya alam tersebut.

Pada 19

Keleme mawa limut, 
kalamatan jroning alam kanyut, 
sanyatane iku kanyatan kaki, 
Sajatine yen tan emut, 
sayekti tan bisa awor.

Tenggelamnya rasa melalui suasana “remang berkabut”,Mendapat firasat dalam alam yang menghanyutkan,Sebenarnya hal itu kenyataan, anakku !Sejatinya jika tidak ingat Sungguh tak bisa “larut”

Pada 20

Pamete saka luyut, 
sarwa sareh saliring panganyut, 
lamun yitna kayitnan kang mitayani, 
tarlen mung pribadinipun, 
kang katon tinonton kono.

Jalan keluarnya dari luyut (batas antara lahir dan batin)Tetap sabar mengikuti “alam  yang menghanyutkan”Asal hati-hati dan waspada yang menuntaskan tidak lain hanyalah diri pribadinya yang tampak terlihat di situ

Pada 21

Nging away salah surup, 
kono ana sajatining Urub, 
yeku urup pangarep uriping Budi, 
sumirat sirat narawung, 
kadya kartika katongton.

Tetapi jangan salah mengerti Di situ ada cahaya sejati Ialah cahaya pembimbing, ersua penghidup akal budi.Bersinar lebih terang dan cemerlang,tampak bagaikan bintang

Pada 22

Yeku wenganing kalbu, 
kabukane kang wengku winengku, 
wewengkone wis kawengku neng sireki, 
nging sira uga kawengku, mring kang pindha kartika byor.

Yaitu membukanya pintu hati Terbukanya yang kuasa-menguasai (antara cahaya/nur dengan jiwa/roh).Cahaya itu sudah kau (roh)  kuasaiTapi kau (roh) juga dikuasai oleh cahaya yang seperti bintang cemerlang.

Pada 23

Samengko ingsun tutur, 
gantya sembah ingkang kaping catur, 
sembah Rasa karasa rosing dumadi, 
dadine wis tanpa tuduh, 
mung kalawan kasing Batos.

Nanti ingsun ajarkan,Beralih sembah yang ke empat.Sembah rasa terasalah hakekat kehidupan.Terjadinya sudah tanpa petunjuk,hanya dengan kesentosaan batin

Pada 24

Kalamun  ersua lugu, 
aja pisan wani ngaku-aku, 
antuk siku kang mangkono iku kaki, 
kena uga wenang muluk, 
kalamun wus pada melok.

Apabila belum bisa membawa diri,Jangan sekali-kali berani mengaku-aku,mendapat laknat yang demikian itu anakku !Artinya, seseorang berhak berkata apabila sudah mengetahui dengan nyata.

Pada 25

Meloke ujar iku, 
yen wus ilang sumelang ing kalbu,  
ersu kandel kumandel ngandel mring takdir, 
iku den awas den emut, 
den memet yen arsa momot.

Menghayati pelajaran iniBila sudah hilang keragu-raguan hati.Hanya percaya dengan sungguh-sungguh kepada takdiritu harap diwaspadai, diingat,dicermati bila ingin menguasai seluruhnya.

Pada 26

Pamoring ujar iku, 
kudu santosa ing budi teguh, 
sarta sabar tawekal legaweng ati, 
trima lila ambeh sadu, 
weruh wekasing dumados.

Melaksanakan petuah ituHarus kokoh budipekertinyaTeguh serta sabartawakal lapang dada Menerima dan ikhlas apa adanya sikapnya dapat dipercaya Mengerti “sangkan paraning dumadi”.

Pada 27

Sabarang tindak-tanduk, 
tumindake lan sakadaripun, 
den ngaksama kasisipaning  ersua, 
sumimpanga ing laku dur,  ersuasiv budi kang ngrodon.

Segala tindak tandukdilakukan ala kadarnya, ersua maaf atas kesalahan  ersua,menghindari perbuatan tercela,(dan) watak angkara yang besar.

Pada 28

Dadya wruh iya dudu, 
yeku minangka pandaming kalbu,  
ersua buka ing kijab bullah agaib, 
sesengkeran kang sinerung, 
dumunung telenging batos.

Sehingga tahu baik dan buruk,Demikian itu sebagai ketetapan hati,Yang membuka penghalang/tabir  antara ersua dan Tuhan,Tersimpan dalam rahasia,Terletak di dalam batin.

Pada 29

Rasaning urip iku 
krana momor pamoring sawujud, 
wujuddullah sumrambah ngalam sakalir, 
lir manis kalawan madu, endi arane ing kono.

Rasa hidup itudengan cara manunggal dalam satu wujud,Wujud Tuhan meliputi alam semesta,bagaikan rasa manis dengan madu. Begitulah ungkapannya.

Pada 30

Endi manis endi madu, 
yen wis bisa nuksmeng pasang semu, 
pasamaoning hebing kang Maha Suci, 
kasikep ing tyas kacakup, 
kasat mata lair batos.

Mana manis mana madu,apabila sudah bisa menghayati gambaran itu,Bagaimana pengertian sabda Tuhan,Hendaklah digenggam di dalam hati, sudah jelas dipahami secara lahir dan batin.

Pada 31

Ing batin tan keliru, 
kedhap kilap liniling ing kalbu, 
kang minangka colok celaking Hyang Widi, 
widadaning budi sadu, 
pandak panduking liru nggon.

Dalam batin tak keliru, Segala cahaya indah dicermati dalam hati, Yang menjadi petunjuk dalam memahami hakekat Tuhan, Selamatnya karena budi (bebuden)  yang jujur (hilang nafsu), Agar dapat merasuk beralih “tempat”.

Pada 32

Nggonira mrih tulus, 
kalaksitaning reh kang rinuruh, 
ngayanira mrih wikal warananing gaib, 
paranta lamun tan weruh, 
sasmita jatining endhog.

Agar usahamu berhasil, Dapat menemukan apa yang dicari, upayamu agar dapat melepas penghalang kegaiban, Apabila kamu tidak paham ; lihatlah tentang bagaimana terjadinya telur.

Pada 33

Putih lan kuningpun, 
lamun arsa titah teka mangsul, 
dene nora mantra-mantra yen ing lair, 
bisa aliru wujud, 
kadadeyane ing kono.

Putih dan kuningnya, bila akan mewujud (menetas), wujud datang berganti, tak disangka-sangka, bila kelahirannya dapat berganti wujud, Kejadiannya di situ !

Pada 34

Istingarah tan metu, 
lawan istingarah tan lumebu, 
dene ing njro wekasane dadi njawi, 
raksana kang tuwajuh, 
aja kongsi kabasturon.

Dipastikan tidak keluar, juga tidak masuk, Kenyataannya yang di dalam akhirnya menjadi di luar, Rasakan sunguh-sungguh, Jangan sampai terlanjur tak bisa memahami.

Pada 35

Karana yen kebanjur, 
kajantaka tumekeng  ersua, 
tanpa tuwas yen tiwasa ing dumadi, 
dadi wong ina tan wruh, 
dheweke den anggep dhayoh.

Sebab apabila sudah terlanjur, akan tak tenang sepanjang hidup, tidak ada gunanya bila kelak mati, Menjadi orang hina yang bodoh, dirinya sendiri malah dianggap tamu.

Source http://www.huwagu.com/ http://www.huwagu.com/2016/01/serat-wedhatama-pupuh-gambuh-gancaran.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.