Serat Suluk Waleh

0 43

Suluk secara harfiah berarti menempuh (jalan). Dalam kaitannya dengan agama Islam dan sufisme, kata suluk berarti menempuh jalan (spiritual) untuk menuju Allah. Menempuh jalan suluk (bersuluk) mencakup sebuah disiplin seumur hidup dalam melaksanakan aturan-aturan eksoteris agama Islam (syariat) sekaligus aturan-aturan esoteris agama Islam (hakikat). Ber-suluk juga mencakup hasrat untuk Mengenal Diri, Memahami Esensi Kehidupan, Pencarian Tuhan, dan Pencarian Kebenaran Sejati (ilahiyyah), melalui penempaan diri seumur hidup dengan melakukan syariat lahiriah sekaligus syariat batiniah demi mencapai kesucian hati untuk mengenal diri dan Tuhan.

Serat Suluk Waleh

Serat Suluk Waleh menceritakan keadaan pada suatu masa ketika banyak orang hanya mengandalkan otak, dan membahas masalah secara terbuka tanpa disamarkan. Padahal banyak hal yang sebenarnya tidak dapat ditulis, tetapi hanya dapat dirasakan dengan hati. Disebut pula karakter orang yang patut dianggap guru.

Source http://www.manuscripts-nusantara.org http://www.manuscripts-nusantara.org/receive/PakualamanBook_islamhs_00000267
Comments
Loading...