Serat Suluk Kutub, Sastra Jawa Kuno

0 63

Suluk Kutub ini tidak diketahui penulisnya, namun ditemukan dalam Suluk Acih Ranggasasmito. Jika apa yang tertulis di naskah ini merupakan pemikiran lazim di era Islam Demak, mungkin juga akan diberangus seperti Syeh Siti Jenar yang menyatakan, “Ora Ana Pengeran, Sing Ana ya Ingsun”.

Suluk Kutub adalah dialog yang antara Maulana Rum Amir Khaji dengan Syeh Sangsu Tabaris yang diklaim wali kutub dari tanah Jawa. Pertanyaan yang diajukan oleh Syeh Sangsu Tabaris memang nakal,”siapa sebenarnya yang kau sembah?”, ketika dijawab Maualan Rum bahwa yang disembah adalah Allah, Tuhan Yangesa, menurut dalil-dalil. Maka dijawab oleh Syeh Sangsu Tabariz, shalatnya hanya sia-sia. Jawaban mengejutkan oleh Syeh Sangsu Tabaris bahwa yang disembah sebenarnya adalah Ingsun.

Sisi lain dari suluk ini, nampaknya klaim bahwa Syeh Sangsu Tabariz ini orang Jawa apakah dimaksudkan untuk mendekatkan kepada orang Jawa (proximity) atau klaim Jawa yang tidak mau ketinggalan dalam hal pencapaian rohani. Wallahu ‘Alamu.

Source https://lailatulijtima.wordpress.com https://lailatulijtima.wordpress.com/2017/07/01/suluk-syeh-kutub/

Leave A Reply

Your email address will not be published.