Serat Sri Rama Dan Asta Brata

0 61
Asta Brata adalah delapan (Asta) ajaran utama untuk seorang pemimpin yang diwejangkan oleh Sri Rama kepada Gunawan Wibisana, setelah selesai peperangan dengan Rahwana. Rahwana tewas dan kerajaan diserahkan Sri Rama kepada Wibisana, adik bungsu Rahwana yang membantu Rama. Dalam pedalangan Jawa, digelar dalam lampahan Wahyu Makuta Rama pada era pandawa lima. Asta Brata mengambil sifat-sifat mulia alam semesta yang layak dipedomani setiap pemimpin: Air (Tirta), Matahari (Surya), Bulan (Candra), Bintang (Kartika), Bumi (Kisma), Angin (Bayu), Api (Agni) dan Lautan (Samodera).
Asta Brata mengajarkan kita untuk memperhatikan sifat-sifat alam semesta yang dalam Serat Rama tidak disebutkan sebagai “Asta Brata” melainkan pesan untuk “lawan sira elinga bathara wolu” yaitu delapan dewa yang  menguasai delapan komponen alam tersebut: Indra, Yama, Surya, Candra, Bayu, Kuwera, Baruna, dan Brahma.
Source http://iwanmuljono.blogspot.co.id http://iwanmuljono.blogspot.co.id/2012/12/serat-rama-dan-asta-brata-1-sri-rama.html
Comments
Loading...