Serat Sastramidura (Ugering Padhalangan)

0 16

Serat Sastramidura (Ugering Padhalangan)

Buku menceritakan asal mula adanya bermacam macam wayang dan gamelan; berisi juga petunjuk praktis untuk dhalang dan memberi contoh lakon Rara Amis lengkap dengan antawecananya.

Penyampaian isi naskah dalam bentuk percakapan antara Kanjeng Pangeran Kusmadilaga dengan siswanya yang bernama Sastramidura. Naskah ini merupakan pegangan untuk pewayangan didalam keraton Surakarta maupun diluar kraton, hal ini atas usaha Raden Mas Panji Kusumawardaya di Surakarta.

Dalam bentuk aslinya buku ini terbit secara berseri didalam koran berbahasa Jawa Bramartani, dan kemudian diterbitkan oleh penerbit De Bliksem di Solo tahun 1915. Untuk versi yang sama dapat dibaca pada Pigeaud II mengenai naskah nomor Lor 5573 dan 6389. Bandingkan juga dengan naskah koleksi Musium Sonobudoyo, nomor MBS/W15 Untuk Kaweruh Padhalangan, dan naskah 35 carikan dari museum Radya Pustaka.

Pangeran Kusumadilaga itu putra K.G.P.A Mangkubumi I di Surakarta, terkenal dengan pengemar wayang (Pigeoud I:255) maupun pengarang lakon wayang dalam bentuk tembang (Poerbatjaraka 1964:50).

Tentang penyaliinan naskah ini disebut pada h.3 bahwa naskah disalin dan dikoreksi untuk tulisan yang salah oleh Raden Martadarsana atas prakarsa Kyai Malayapranata di Surakarta. Tidak disebut kapan penyalinan itu dilakukan. Dilihat kertas folio bergaris yang digunakan dapat diperkirakan sekitar abad ke-20.

Source http://navigasi-budaya.jogjaprov.go.id http://navigasi-budaya.jogjaprov.go.id/heritage/naskah-kuno/1634#prettyPhoto

Leave A Reply

Your email address will not be published.