Serat Sana Sunu

0 50

Serat Sana Sunu ini hasil garapan ny.Jumeiri Siti Rumidjah, mantan seorang anggota staf Balai Kajian Sejarah dan Nilai Tradisional Yogyakarta. Kitab ini hasil karya sastra almarhum R.Ng. Yasadipura II pujangga istana Surakarta Hadingrat.

Kitab ini ditulis tahun 1819 dan dengan demikian telah berusia sekitar 182 tahun merupakan karya sastra klasik. Menurut etimologi, Sana dan Sunu, keduanya kata Jawa dari Sansekerta Sasana dan Sunu. Kata Sasana terbentuk dari akar kata sas yang artinya mengajar, mendapat akhiran ana yang berfungsi membedakan, sehingga Sasana berarti ajaran atau pengajaran.

Sunu berarti anak atau ajaran bagi anak. Kitab Sana Sunu merupakan pustaka yang isinya sangat perilaku dipergunakan sebagai sarana mendidik anak, baik secara formal maupun non formal. Isi kitab ini bersifat religious, sebab segala hal dikaitkan dengan Tuhan. Disini dapat diketahui bahwa sang pujangga taat menjalankan perintah agama, khususnya Islam.

Kemudian diajarkan kepada anak cucunya tentang hal-hal yang berkenaan dengan cara hidup menurut jiwa Islam di jaman sewaktu Kyai Yasadipura II masih hidup, di samping karena pengaruh lingkungan dan jaman, maka isi pewtuah tadi tidak lepas dari penghormatan terhadap raja. Segala tindakan dan cara hidup rakyat dilarang menyerupai raja.

Source http://bpad.jogjaprov.go.id http://bpad.jogjaprov.go.id/coe/article/serat-sana-sunu-729

Leave A Reply

Your email address will not be published.