Serat Kempal Suluk Kaliyan Piwulang

0 14

Serat Kempal Suluk Kaliyan Piwulang

Naskah ini memuat 4 teks.

  1. Serat Warah Hidayajati (bagian I). Teks prosa ini berisikan  ajaran para “wali wolu” ( Giri, Majagung, Benang, Muryapada, Kalinyamat, Gunung Jati, Kajenar) mengenai Islam, tasawuf, pantangan dan lain-lain. Pengarang teks ini ialah Ranggawarsita. Isinya persis sama dengan teks MSB/P82. Naskah bagian ini disalin pada 3 Jumadilahir 1833 (=26 Agustus 1903),di Surakarta, oleh Raden Mas Puspamurcita (h.130).
  2. Serat Sujarah Jati (bagian II). Teks macapat, menjabarkan wejangan dari para pandita linuwih, Wali, serta ngelmu mereka masing masing. Naskah bagian ini disalin mulai hari ahad paing, 10 sura jimawal 1837, “Sapta Guna Ngesthi Nata” (=23 februari 1907). Yang penyalin lain dengan penyalin bagian I (buka puspamucarita).
  3. Serat Budha Gutama (bagian III, h. 1-81). Teks prosa ini memuat piwulang agama Budha, bentuk tanya jawab antara A dan B.
  4. Serat Widyaprangan pada h. 82, dikarang oleh “Bengawan Yogiswara ing Memenang utawi Bagawan Palasara, Wukir Ratawu.” Isinya pembahasan tentang penciptaan dunia seta tata moral dan fisik alam semesta.
Source http://navigasi-budaya.jogjaprov.go.id/ http://navigasi-budaya.jogjaprov.go.id/heritage/naskah-kuno/1768
Comments
Loading...