Senjata Tradisional Jawa Timur : Keris

0 872

Keris

 

Salah satu senjata tradisional dari daerah Jawa Timur ialah Keris. Keris merupakan senjata tradisional yang bisa ditemukan tidak hanya di Jawa,  umum ditemukan di pelosok tanah air. Ternyata pembuat keris banyak dijumpai di Jawa Timur, khususnya di Kabupaten Sumenep. Tidak hanya empu zaman dulu seperti zamannya Empu Gandring atau Empu Kelleng yang mampu mencipta keris pusaka, di era yang sudah serba modern, masih banyak para empu yang mampu membuat keris pusaka. Keris biasanya di anggap memiliki kekuatan yang mistis dan ada kekuatan yang besar yang ada di dalamnya.

Keris yang dibuat sekarang  kualitas yang di hasilkan tak kalah bagusnya dengan keris pusaka buatan para empu zaman dulu, bahkan keris buatan empu asal kabupaten Sumenep saat ini, sangat di minati para kolektor keris tingkat asia bahkan dunia.

Empu yang ada di kabupaten Sumenep, di kenal sangat piawai dalam mengeksplorasi berbagai model keris dari zaman ke zaman, sehingga pecinta keris pusaka atau kolektor keris, lebih suka memesan keris dari kabupaten Sumenep. Keris menjadi senjata tradisional yang menjadi khas di daerah ini,walaupun daerah lainnya juga memiliki keris.

Pengrajin keris di kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Tmur tercatat sebanyak 554 pengrajin keris atau empu, bisa di bilang terbanyak di dunia, karena di daerah lain keberadaan empu keris sudah tidak ada. Sebab membuat sebuah keris itu juga tidak mudah, jadi tidak sembarangan orang bisa untuk membuatnya.
Source Senjata Tradisional Jawa Timur - Keris tradisi tradisional
Comments
Loading...