Senjata Tradisional Jawa Timur : Caluk

0 319

Senjata Tradisional Jawa Timur : Caluk

Jawa Timur memiliki banyak senjata tradisional yang sangat beragam yang menjadi keunggulan dan juga khas dimiliki oleh daerah tersebut.

 

 

Caluk merupakan senjata tradisional yang bentuknya mirip seperti golok panjang namun dengan lengkungan diujung senjata serta terdapat kapak ditengahnya.

Bisa dibilang senjata tradisional ini sangat unik. Sebab bila dilihat dari bentuknya sangat berbeda dari yang lainnya. Senjata tersebut merupakan salah satu senjata tradisional yang digunakan oleh masyarakat setempat.

Senjata Tradisional Caluk, saat ini sudah sangat jarang digunakan. Bahkan bisa dibilang sebagai benda pusaka yang langka. Selain itu orang yang membuat senjata tradisional yang satu ini juga sangat jarang. Dilansir dari bidikonline.com menambahkan referensi mengenai senjata  Caluk.

Caluk yang sesungguhnya itu memiliki ukuran sepanjang satu meter lebih seperti golok dengan kapak ditengah tengah badannya, namanya yang dulu terkenal yaitu CALUK TRANTANG, nama itu diambil dari nama empu pembuatnya yaitu Ki Trantang, memang orang dahulu setiap membuat atau memberikan nama untuk suatu hal pasti memiliki latar belakang seseorang yang membuat atau tempat membuatnya tersebut.  yang pada masa itu tinggal di wilayah Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban, kata-kata tersebut diutarakan oleh carik dari daerah setempat.

Source Senjata Tradisional Jawa Timur - Caluk tradisi tradisional
Comments
Loading...