Senjata Tradisional Jawa Tengah

0 471

Senjata Tradisional Jawa Tengah

Jawa Tengah sudah terkenal akan tradisi dan juga kekayaan yang ada, salah satunya ialah mengenai senjata tradisionalnya. Senjata Tradisional dari Jawa Tengah salah satunya adalah :

Senjata Tradisional Jawa Tengah : Thulup

Thulup atau tulup merupakan senjata tradisional masyarakat Jawa Tengah. Tidak hanya di Jawa Tengah, beberapa daerah juga memiliki senjata yang digunakan dengan cara ditiup. Salah satu daerah yang juga memiliki senjata tradisional ini adalah  di daerah Kalimantan maupun Suku Sasak di Lombok.
Mereka menggunakan senjata sejenis dengan nama yang berbeda. Walaupun berbeda terkadang bentuk dan penggunaannya itu sama, namanya berbeda sebab tiap daerah memiliki logat bahasa yang berbeda. Fungsi utama dari senjata ini adalah untuk menyerang dari jarak jauh, seperti halnya busur dan anak panah.

Senjata Tradisional Jawa Tengah : Plintheng

Senjata tradisional Jawa Tengah yang  kita populer adalah Plinteng. Plintheng alat untuk berburu binatang. Pegangan Plintheng terbuat dari kayu, sedangkan talinya menggunakan sejenis karet (pentil).
Plintheng dikenal oleh masyarakat Indonesia pada umumnya dengan nama ketepel/ katepel. Bentuk senjata tradisional ini pada umumnya adalah menyerupai sebuah huruf  yaitu “Y”.
Source Senjata Tradisional Jawa Tengah tradisi tradisional
Comments
Loading...