Senjata Tradisional Jawa Barat (Baliung atau Patik)

0 339

Senjata Tradisional Jawa Barat (Baliung atau Patik)

Dari banyaknya jenis senjata tradisional tersebut dapat kita simpulkan bahwasanya Jawa Barat atau kita kenal sebagai suku Sunda sangat kaya akan budaya daerahnya seperti senjata tradisional. Terbukti senjata tradisional tersebut masih eksis dan digunakan sampai saat ini.

Salah satu senjata tradisional yang dimiliki oleh daerah Jawa Barat adalah Baliung atau Patik. Dulu masyarakat Sunda butuh alat untuk menebang pohon besar dan membelah kayunya, maka dari itu dibuatlah Beliung atau biasa kita sebut kapak. Dengan menggunakan senjata tradisional yang satu ini maka pekerjaan masyarakat menjadi lebih ringan.

Untuk gagang pada Beliungnya saja panjangnya 30-35cm dan terbuat dari kayu. Kelebihan senjata Beliung dibandingkan dengan senjata lain seperti Bedog adalah senjata Baliung ini terbuat dari besi baja yang besar dan dan tebal pada bagian pangkalnya. Besi baja ini yang membuat senjata tradisional ini menjadi berat bila digunakan. Sehingga harus selalu berhati-hati.

Pada zaman dahulu nenek moyang Sunda menggunakan Beliung/Patik ini untuk kegiatan berat seperti menebang poh0n untuk membuka hutan dan untuk kayu bakar. Hebatnya sampai sekarang masyarakat Sunda khususnya yang di pedalaman masih memakainya. Hingga sekarang alat ini menjadi senjata tradisional yang di miliki oleh masyarakat  Sunda dan selalu di jaga serta digunakan setiap ada pekerjaan yang berat.

Source Senjata Tradisional Jawa Barat (Baliung atau Patik) hidup simpel
Comments
Loading...