Senjata Tradisional Betawi : Pisau Raut

0 538

Senjata Tradisional Betawi  : Pisau Raut

Salah satu senjata tradisional masyarakat Betawi yang bentuknya hampir mirip badik disebut dengan Pisau Raut. Merupakan pisau sang Hulun atau rakyat biasa. Sebutan lain bagi Pisau ini adalah  badi-badi.

 

Setiap senjata yang ada di Betawi memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing. Selain berfungsi sebagai senjata, pisau raut juga merupakan salah satu ciri khas pada Pengantin Dandanan Rias Bakal Pria Adat Betawi.

Cara pemakaian senjata ini disematkan pada bagian tengah baju dan ditahan dengan ikat pinggang. Letaknya cenderung ke sebelah kanan dengan dihiasi bunga melati yang dironce indah. Bunga melati di sini menjadi pelengkap kesempurnaan acara.

Bila menggunakan adat pernikahan Betawi, jangan lupa untuk memakai pisau raut kebanggaan Betawi dalam acara pernikahan. Memakai pisau ini akan membuat pengantin tampak makin mengesankan. Pegangan pisau  ini sangat indah sebab, ukiran yang menjadi motif dari senjata tradisional Pisau Raut tersebut. Senjata ini bukan satu-satunya senjata yang ada di Betawi, masih banyak senjata yang lain yang menjadi ciri khas dari daerah Betawi.

Source Senjata Tradisional Betawi - Pisau Raut tradisi tradisional
Comments
Loading...