Senjata Tradisional Betawi : Toya

0 478

Senjata Tradisional Betawi  : Toya

Suku Betawi memiliki senjata tradisional yang belum terpengaruh kebudayaan asing sejak zaman Neolithikum atau zaman Batu Baru (3000-3500 tahun yang lalu).

Hal ini dapat ditemukan pada bukti arkeologis di daerah Jakarta dan sekitarnya dimana terdapat aliran-aliran sungai besar seperti Ciliwung, Cisadane, Kali Bekasi, Citarum pada tempat-tempat tertentu sudah didiami. Sehingga dapat di temukan berbagai senjata tradisional yang ada di daerah Betawi ini.

Bagi masyarakat Betawi khususnya guru dan murid-murid pencak silat, senjata tradisional Betawi yang disebut Toya sudah tidak asing lagi bagi mereka. Sebab senjata tersebut biasa digunakan dalam kegiatan pencak silat.

Toya merupakan senjata tradisional Betawi yang dibuat dari kayu ataupun bambu yang keras. Keras sebab senjata ini agar bertahan lama. Kegunaan utama dari senjata Toya adalah untuk menangkis senjata lawan namun pada perkembangannya, senjata ini juga bermanfaat untuk menyodok, menggebuk atau menyerang lawan. Dan tujuan utamanya ialah mengalahkan lawan yang menjadi tandingannya.

Ukuran tongkat kayu yang digunakan untuk membuat Toya adalah tidak lebih dari 1,5 M. Sehingga alat tersebut ukurannya sedang bila di gunakan untuk kegiatan silat atau latihan-latihan silat tidak terlalu panjang dan juga tidak pendek. Penggunaan Toya ini di bisa di sesuaikan dengan umur yang menggunakan alat tersebut bila di fungsikan untuk kegiatan silat.

Source Senjata Tradisional Betawi - Toya tradisi tradisional
Comments
Loading...