Senjata Tradisional Betawi : Beliung Gigi Gledek

0 363

Senjata Tradisional Betawi – Beliung Gigi Gledek

Betawi memiliki banyak senjata yang dimilikinya yang sebagian besar sudah ada sejak zaman dahulu dan juga di gunakan sebagai pemenuhan kehidupan sehari-hari. Misalnya yaitu  menebang pohon,memecah kelapa dan penggunaan lainnya untuk kebutuhan.

Senjata tradisional Betawi sejenis kapak dengan mata menyilang kearah gagang pegangan, umumnya digunakan sebagai perkakas untuk membuat kayu biasanya disebut dengan Beliung. Sebutan untuk alat-alat atau benda-benda kebudayaan yang ditemukan di sekitar Jakarta. Senjata tradisional Beliung ini biasanya terangkai dengan gagangnya, senjata tradisional Beliung ini juga memiliki ujung atau mata beliung yang tajam.

Senjata tradisional ini merupakan kapak batu yang berasal dan zaman neolithicum, masanya yaitu kurang lebih 3000-4000 tahun yang lalu. Pada zaman dahulu melakukan suatu penelitian ke suatu tempat untuk menemukan alat atau senjata seperti itu. Gigi gledek ini ditemukan di daerah Condet melalui penggalian yang dilakukan pada tahun 1970-an. Dan tinjauan arkeologis dengan bukti tersebut menunjukkan bahwa Condet telah dihuni orang sejak 3500 tahun yang lalu. Sehingga masa itu sudah memiliki masa yang sangat lama.

Beberapa tokoh yang diketahui pernah menggunakan ini sebagai senjata andalannya adalah Batara Katong (Wak Item) dan Salihun pemimpin kelompok Si Pitung. Kalau Beliung digunakan Salihun sebagai sarana dalam melakukan aksi perampokan maupun pelarian dengan memanjat pagar tembok.

Source Senjata Tradisional Betawi - Beliung Gigi Gledek tradisi tradisional
Comments
Loading...