Senjata Tradisional Betawi : Badik Cangkingan

0 531

Senjata Tradisional Betawi : Badik Cangkingan

Bandik Cangkingan adalah senjata tradisional masyarakat Betawi yang bentuknya hampir menyerupai rencong (senjata khas Aceh) dan badik (senjata khas Makasar). Adapun bagian-bagiannya senjata tradisional ini adalah :

-Terdiri dari gagang yang terbuat dari kayu yang keras atau gading. Kayunya harus keras agar senjata ini tetap awet dan tahan lama dalam pemakaiannya.

-Cincin terbuat dari perak,

-Perunggu atau emas,

-Kemudian rangka dan sarung.

Ciri lain dari senjata tradisional Betawi ini ialah, kedua bagian terbuat dari kayu yang keras yang diukir indah. Bagian terakhir adalah bilah badik yang terbuat dari campuran besi dan baja.

Sesuai dengan namanya “Cangkingan”, senjata ini dibawa begitu saja, cara membawanya dengan  diselipkan pada celana atau sarung. Yang posisinya berada di belakang tubuh. Senjata badik cangkingan ini digunakan sebagai senjata untuk mempertahankan diri baik dari serangan binatang atau yang lainnya.

Akan tetapi, Badik Cangkingan banyak digunakan sebagai pelengkap berbusana, terutama pada saat ini untuk busana pengantin laki-laki dalam suatu upacara perkawinan. Oleh karena itu, umumnya yang menyimpan senjata ini para perias pengantin.

Source Senjata Tradisional Betawi - Badik Cangkingan tradisi tradisional
Comments
Loading...