Senjata Tradisional Banten : Golok Ciomas

0 687

Senjata Tradisional Banten : Golok Ciomas

Senjata Tradisional Banten yang bernama Golok Ciomas ini, merupakan senjata yang bersejarah di wilayah Banten. Golok Ciomas ini tidak berbeda dengan golok-golok lainnya, golok ini merupakan golok yang tajam. Golok Ciomas ini dijadikan sebagai senjata simpanan untuk membela diri sendiri.

Adapun asal-usul pengambilan nama “golok ciomas” ini diambil dari wilayah yang bernama “Ciomas” yang mana daerah ciomas ini adalah salah satu tempat pembuatan golok.

Para penduduk Banten ini biasa menyebut golok ini dengan sebutan “Bedog”. Akan tetapi, terdapat perbedaan bahwa :

Untuk membedakan sebagai peralatan senjata ini, maka Bedog tersebut disebut dengan nama “Bedog Ciomas” yang mana bedog itu langsung merujuk secara khusus untuk senjata. Senjata ini memiliki nilai-nilai seni khusus bagi Golo Ciomas.

Berbeda dengan pembuatan golok-golok perkakas lainnya, ketika akan membuat golok Ciomas ini harus melewati beberapa ritual-ritual tertentu. Demikian, mengenai hal ini berbeda dengan yang lain, yaitu penempaan bahan besi golok Ciomas hanya menggunakan godam, atau penimpa khusus yang bernama Ki Denok.

Golok Ciomas ini sangat terkenal dengan keistimewaan-nya, dan keseimbangan pada bentuk yang telah diakui memiliki kelebihan-kelebihan dibandingkan dengan senjata-senjata lainnya.

Pada zaman dahulu masih pada masa-masa penjajahan, jawara-jawara Banten ini menggunakan golok Ciomas untuk dijadikan senjata andalan mereka, adapun kegunaannya ialah untuk mengusir para penjajah dan melindungi diri dari musuh.

Golok Ciomas juga tidak digunakan dengan cara sembarangan, apalagi digunakan kepada hal-hal yang sangat negatif, seperti digunakan kepada kejahatan. Dibuatnya golok raksasa ini sebagai kebanggaan penduduk Banten terhadap warisan-warisan Banten, dan juga golok raksasa tersebut disebut sebagai simbol kekeluargaan.

Nyi Gede merupakan nama dari Golok Raksasa ini mempunyai berat besi kurang lebih sekitar 1.500 kilogram, berat gagang kayu-nya pun sekitar 250 kilogram, dan berat serangka-nya pun kurang lebih sekitar 250 kilogram.

Golok raksasa yang bernama Nyi Gede ini bisa dilihat didaerah Ciomas, Panjang golok Ciomas ini sepanjang 5 meter, gagang pada golok tersebut memiliki panjang 1,7meter, dan serangka pada golok tersebut memiliki panjang sekitar 5,6 meter.

Source Senjata Tradisional Banten – Golok Ciomas baabun
Comments
Loading...