Senjata Betawi

0 371

Senjata Betawi

Betawi memiliki banyak senjata Tradisional salah satunya ialah :

Senjata Tradisional  Punta

Senjata tajam jenis tusuk, dengan panjang sekitar 15-20cm adalah Punta. Senjata ini lebih berfungsi sebagai senjata pusaka yang menjadi simbol strata sosial pada waktu itu, karena senjata tajam ini tidak pernah digunakan untuk bertarung.

Biasanya alat atau senjata tradisional ini, merupakan senjata yang menjadi turun temurun dari masyarakat setempat. Sedangkan bila di Jawa Barat mungkin dikenal sebagai Kujang, namun Kujang lebih variatif dari segi bentuk dan motif ciung.

Senjata Tradisional Cunrik atau Keris Kecil Tusuk Konde

Cunrik merupakan senjata tradisional masyarakat Betawi khususnya para perempuan, berupa keris kecil atau tusuk konde. Fungsi Cunrik ini diantaranya adalah :

-Biasa digunakan oleh para resi perempuan yang tidak ingin menonjolkan dan memperlihatkan kekerasan dalam pembelaan dirinya,

-Terbuat dari besi kuningan dengan panjang kurang dari 10cm. Sehingga ukurannya hanya pendek, dan tidak sepanjang keris pada umumnya.

Salah seorang resi perempuan yang terkenal menggunakan cunrik ini adalah Buyut Nyai Dawit, pengarang Kitab Sanghyang Shikshakanda Ng Karesiyan yang ada pada tahun 1518. Dimakamkan di tempat Pager Resi Cibinong.

Source Senjata Betawi tradisi tradisional
Comments
Loading...