budayajawa.id

“Seni Uyeg” Teater Tradisional Dari Indramayu Yang Nyaris Punah

0 79

Seni Uyeg adalah salah satu bentuk Seni Teater Rakyat Khas Sukabumi, yang pernah hidup di daerah pantai selatan Sukabumi, tepatnya di Kampung Citepus Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi. Kesenian teater rakyat ini sudah bisa di katakan punah karena, sudah lama sekali tidak dipertunjukan di Sukabumi atau di daerah lainnya.

Punahnya Seni Uyeg Di Tahun 1950

Seni Uyeg ini, pernah mengalami kepunahan, tepatnya pada tahun 1950-an. Namun sangat beruntung, karena salah seorang tokoh budayawan dan sejarawan Kota Sukabumi, almarhum Anis Djatisunda, pada saat masih muda sempat beberapa kali menyaksikan pagelaran seni tersebut, sekaligus mendapat dan mencatat berbagai keterangan dari Lurah Panjak, atau Pimpinan Nayaga dan Seni tersebut. Berkaitan dengan hal tersebut, tokoh budayawan dan sejarawan tersebut, mencoba dan berupaya optimal untuk menghidupkan kembali kesenian tersebut.

Pada tahun 1985-an, dengan membuat salah satu eksperimen, yang melibatkan beberapa pemain teater modern dan seniman tradisional di Kota Sukabumi, untuk menggarap sekaligus mementaskan kesenian tersebut yang disesuaikan dengan visi dan tata nilai budaya masyarakat era teknologi modern. Sehingga repertoire-nya sudah tidak sesuai lagi dengan repertoire Seni Uyeg aslinya, karena sudah dimodifikasi dan revitasisasi, disesuaikan dengan pola-pola dramaturgi, serta kaidah-kaidah teater modern, baik yang menyangkut suspense maupun forshadoing serta tata nilai teater lainnya.

Jika ditelaah lebih dalam seni Uyeg sendiri memiliki ciri khas yang sarat akan budaya Nusantara yang mewarnai lambang megalith, adanya pembakaran kemenyan, kain pudeung hitam putih, ronggeng kembang, ronggeng panyeta dan mantra panajem menjadi salah satu ciri yang membuatnya menarik. Setting dari seni uyeg ini menceritakan tiga dunia yaitu dunia atas, dunia tengah dan dunia bawah. Dalam pertunjukannya ada salah satu tokoh yang berperan menjadi Sanghyang Raja Uyeg, yang didalam mitologi sunda dianggap sebagai gelar seseorang yang memiliki daya gaib atau biasanya disebut dewa dalam religi Hinduisme.

Makna Filosofi Seni Uyeg

Seni Uyeg mengandung makna filosofi dari kata Uyeg sendiri, yakni metatesis dari kata oyag atau bergerak. Hal ini dapat dilihat pada visualisasi kesenian ini, yakni kain sebagai backdrop, yang senantiasa diuyeg-uyeg atau digerak-gerakan. Maksud dan tujuannya, yakni melambangkan alam dan isinya yang tidak pernah diam, akan tetapi senantiasa bergerak dan berputar. Diantaranya bumi terus berputar, bulan mengitari matahari, angin, bintang, air, ether, pikiran manusia, hewan dan aneka alam lainnya, baik mikro-kosmos maupun makro-kosmos, semuanya terus bergerak atau uyeg. Ini salah satu latar dan makna dari adanya hidup, kehidupan dan yang menghidupkan, dibalik mati, kematian dan yang mematikan.

Source "Seni Uyeg" Teater Tradisional Dari Indramayu Yang Nyaris Punah "Seni Uyeg" Teater Tradisional Dari Indramayu Yang Nyaris Punah "Seni Uyeg" Teater Tradisional Dari Indramayu Yang Nyaris Punah
Comments
Loading...