budayajawa.id

Seni Tari Topeng Dermayon Asli Indramayu

0 22

Seni Tari Topeng Dermayon Asli Indramayu

Seni Tari Dermayon memiliki komposisi gerak tari yang khas dengan kostum topeng berciri spesifik dan memiliki 8 karakter yang unik, dari mulai topeng panji sampai kelana. Hal inilah yang membedakan tari topeng dermayon dengan tari topeng yang lain. Tari topeng dapat dimainkan oleh satu penari tarian solo atau bisa juga dimainkan oleh beberapa orang.

Tari topeng memiliki nilai hiburan yang mengandung pesan-pesan terselubung dan sangat menyentuh berbagai aspek kehidupan, meliputi kebijaksanaan, kepemimpinan, cinta, angkara murka serta menggambarkan perjalanan hidup manusia sejak dilahirkan hingga dewasa.

Tari topeng Dermayon telah mendapat apresiasi yang tinggi dengan hasil karya dan perjuangan sang Maestro Tari Topeng Indramayu, Mimi Marsinah. Keseriusan Mimi Rasinah dalam menggeluti kesenian dibuktikan dengan mempertahankan tradisi tari. Mimi Rasinah juga aktif mengajarkan tari topeng ke sekolah-sekolah yang berada di wilayah Indramayu dan memiliki sanggar tari topeng. Walaupun Mimi Rasinah telah tiada, namun jiwa dan semangatnya dalam memperjuangkan seni tari Topeng Indramayu selalu dikenang oleh masyarakat Indramayu dan Indonesia.

Source http://www.luckycaesar.com/ http://www.luckycaesar.com/2016/10/campuran-suku-jawa-sunda-indramayu.html
Comments
Loading...