Seni Tari Badawang Kawung (Bakung) Banjar

0 219

Seni Tari Badawang Kawung (Bakung)

Seni Tari Badawang Kawung (Bakung) dari Desa Karyamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, diharapkan menjadi tarian tradisional khas Kota Banjar. Tarian tersebut terinspirasi dari kebiasaan warga setempat yang kesehariannya sebagai pengrajin gula aren dan kolang kaling. Menurut Hendy Herdiana, sutradara seni tari Bakung.

Bahwa Badawang artinya sebuah patung dengan kerangka menyerupai raksasa mirip ondel-ondel. Sedangkan kawung adalah pohon aren atau kolang-kaling. Alat musik yang digunakan berupa kendang dan organ, serta diiringi lagu khas seni Bakung. Hendy menuturkan, awalnya tarian itu tercipta saat dirinya mencari kado untuk Hari Jadi Kota Banjar yang ke-12 tahun 2015. Selain itu, dirinya juga terobsesi membuat satu karya seni yang melambangkan ciri khas warga Desa Karyamukti.

Dalam prosesnya, dia berusaha mengakomodir puluhan wanita kader penggerak KB di Desa Karyamukti untuk menjadi penari. Sedangkan, untuk pemain kendang dan organ diambil dari pemuda sekitar. Pada saat perlombaan di tingkat Kota Banjar, kami menjuarai festival budaya yang digelar. Nah, di situlah kami mulai diakui oleh Pemkot Banjar, di sela-sela latihan persiapan mengikuti Festival Budaya tingkat provinsi di Sukabumi.

Sementara itu, penari yang mengikuti sejak digagasnya tarian Badawang Kawung, Sri Martina Aristia, mengaku sangat bangga ikut andil dalam seni budaya tari yang terbilang baru ini. Pasalnya, desa maupun kelurahan di Banjar belum tentu memiliki tarian yang menjadi ciri khas daerahnya. Budaya daerah perlu didorong agar mempunyai ciri khas. Nah, untuk daerah lain di Banjar, saya harap termotivasi membuat terobosan baru dalam hal seni budaya.

Source https://www.harapanrakyat.com https://www.harapanrakyat.com/2016/04/seni-bakung-diharapkan-jadi-tarian-khas-kota-banjar/
Comments
Loading...