Seni Senggak Ponorogo

0 58

Seni Senggak

Senggak adalah seni olah suara manusia berupa sorakan yang dilakukan oleh pria dewasa dengan banyak orang secara keras, tegas, kompak dan serempak untuk mengiringi kesenian Reyog Ponorogo untuk meningkatkan semangat. Kata Senggak berasal dari bahasa Jawa panaragan yang berarti sorakan.

Awalnya senggak adalah semacam Yel-yel militer kerajaan Bantarangin untuk menyemangati diri, hingga tibalah pertarungan antara kedua raja Kelana sewandana dari Kerajaan Bantarangin dengan raja singo barong dari kerajaan Lodaya, Kekuatan Raja Singo Barong yang lebih unggul membuat raja kelana sewandana mulai tersudutkan dan lemah. tetapi Seluruh prajurit Bantarangin selalu menyemangati rajanya untuk bangkit dengan sorakan, alhasil Raja kelana sewandana mengeluarkan pusaka berupa cambuk bernama kiai Samandiman yang di arahkan ke raja singo barong berkali-kali hingga tumbang dan kalah.

Sorakan yang bernuansa Militer tersebut memiliki pakem Olah Suara Seperti:

Hak’e Hak’e Hok’ya Hok’ya

Hok’e oweo oweo yak yak hok’ya

Hyuh hasolo hasololo asololoe hok’ya

Dengan demikian, Sorakan senggak di lakukan secara bergantian dengan bersautan dengan kompak untuk mengiringi gerak penari, biasanya senggak juga mengikuti suara Angklung Reyog besar dan kecil. Dalam penelitian, Senggak merupakan sebuah sorakan yang berkaitan dengan militer elit.

Saat ini senggak yang selalu mengiringi kesenian Reyog, dapat dilihat pada kesenian non Reyog seperti pada Wayang Kulit, Campursari, Dangdut Koplo, Dangdut Jaranan, jaranan, Lais, Dan seluruh budaya yang mendapat pengaruh dari reyog Ponorogo.

Bahkan Tari Kecak yang menggunakan sorakan suara “Cak-Cak” menggunakakan sorakan Senggak, mengingat Tari Barong Bali merupakan bentuk lain dari barong Ponorogo

Selain itu, Senggak juga kerap di gunakan sebagai soundtrack film Indonesia maupun Anime seperti Tendangan Dari Langit, Suromenggolo, Warok Singo Kobra, Ratu Ilmu Hitam, Wali Songo, Shingeki no Kyojin, Nanatsu no taizai dalam mengiringi Gamelan konvesional maupun Orkestra.

Source https://id.wikipedia.org https://id.wikipedia.org/wiki/Seni_senggak
Comments
Loading...