Seni Karawitan Cirebon

0 92

Seni Karawitan Cirebon sendiri masuk ke dalam Seni Karawitan. Seni Karawitan sendiri oleh masyarakat Cirebon disebut “tabuhan” (atau sesuatu yang ditabuh). Namun, masyarakat luas pada umumnya menyebutnya sebagai Gamelan. Selama ini, yang saya tahu “tabuhan” gamelan seringkali dimainkan pada saat pertunjukan wayang kulit. Sering kali juga permainan ini serasa ada aura tertentu yang dapat menenangkan jiwa.

Seni Karawitan sendiri dipadu padankan oleh Sunan Kalijaga dengan kesenian lainnya. Seni Karawitan biasa digunakan untuk mengiringi pagelaran kesenian lain. Secara tidak langsung, Seni Karawitan Cirebon mempengaruhi kesenian-kesenian Cirebon lainnya. Misalnya wayang kulit, wayang golek cepak, wayang golek purwa, tari topeng, sandiwara, kliningan Cirebon, Kliningan Sunda, wayang wong, tayuban, dan lain-lain. Oleh sebab itulah, dari sekian banyak kesenian Cirebon, Seni Karawitan Cirebon boleh saja disebut sebagai seni “Induk” kesenian-kesenian lainnya.

Ciri Khas Karawitan Cirebon

Seperti yang telah di ketahui, bawa seni Karawitan merupakan kesenian Nasional. Namun, setiap kesenian tersebut memiliki ciri khas sendiri-sendiri. Karawitan Cirebon memiliki jumlah waditra, irama lagu, teknik pemukulan, dan macam-macam lagu tersendiri yang menyebabkan Karawitan Cirebon sangat khas. Keserasian suara dalam Karawitan Cirebon memiliki pesona tersendiri, yang terkadang dapat “menyihir” seketika dengan pesonanya jika benar-benar mendengarkannya dengan seksama. Seni Karawitan Cirebon sendiri telah diakui secara Nasional.

Kesenian Karawitan ini memiliki 2 arti atau makna. Yang pertama menurut kata benda berasal dari kata rawit yang artinya berkelok, berliku-liku, rumit. Yang kedua menurut arti musik Karawitan adalah Seni suara yang berasal dari instrumen ( gamelan ) maupun suara manusia yang berlaraskan pelog dan slendro.

Source Seni Karawitan Cirebon yang terabaikan Pengantar Seni Karawitan Cirebon

Leave A Reply

Your email address will not be published.