Sendratari Rahwana Galau di Balai Kota Semarang

0 37

Sendratari Rahwana Galau adalah sebuah sendra tari yang mengambil dari petilan cerita Ramayana yang menceritakan tentang kegalauan cinta Rahwana terhadap Dewi Sinta yang merupakan istri dari Rama, sampai Rahwana menculiknya. Sendra tari ini ditarikan dengan versi tarian dari pulau Dewata (Bali)  oleh sanggar tari Saraswati. Sendratari Rahwana Galau ini sebagai acara penutupan pada event Karnaval Seni Budaya Lintas Agama dan Pawai Ogoh-Ogoh pada hari Minggu tanggal 25 Maret 2018 di halaman Balai Kota Semarang yang merupakan event tahunan pariwisata kota Semarang yang bertujuan untuk meningkatkan kerukunan umat beragama serta untuk menarik wisatawan lokal maupun asing untuk datang ke Kota Semarang.

 

Sendratari Rahwana Galau ada beberapa babak dimana pada babak pertama menceritakan tentang sekilas siapa Rahwana ini. Rahwana adalah anak dari Kaekasi  dengan Resi Wiswara yang menjadi Raja di Alengka, sebuah kerajaan raksasa yang megah dan indah. Kemudian diceritakan tentang Rama, Dewi Sinta dan Lesmana yang sedang menikmati keindahan alam hutan yang masih perawan yang sangat indah, ketiganya bercanda dengan diwujudkan dalam gerak tari Bali yang sangat elok sekali. Rama sangat mencintai Shinta begitu juga sebaliknya. Perjalanan cinta Rama kepada Dewi Sinta sangat banyak hambatannya, bahkan ketika Rama di goda oleh adiknya Rahwana (Supranaka) , Rama tidak bergeming, karena cintanya hanya untuk Dewi Sinta.

Supranaka kemudian menggoda Lesmana, tapi Lesmana juga menolak cintanya, hal ini disebabkan karena Lesmana pernah mengucapkan wadad, ia tidak akan menikah sampai kapanpun sejak sayembara untuk memperebutkan Dewi Sinta dimenangkan oleh Rama. Supranaka sedih dan kecewa, dia pulang dan mengadukan hal ini kepada kakaknya. Rahwana marah dan dia kemudian mengatur rencana licik untuk membalas sakit hati adiknya sekaligus menculik Dewi Sinta dari tangan Rama dan Lesmana. Ditengah hutan yang lebat Rama, Dewi Sinta dan Lesmana melihat ada kijang emas lewat dihadapan mereka. Shinta sangat terpikat dengan kijang emas ini. Dia ingin menangkap kijang ini, tapi kijang emas sangat lincah sehingga tidak dapat di tangkap oleh Dewi Sinta. Dan diapun minta Rama untuk menangkap kijang tersebut. Ternyata kijang emas adalah jelmaan dari Patih setia Rahwana, yang ingin memisahkan Dewi Sinta dari Rama dan Lesmana. Ini merupakan bagian strategi dari Rahwana.

Kijang emas semakin masuk di dalam hutan yang lebat, dan Rama pun mengejarnya. Ternyata Rama terjebak dalam tipu daya Rahwana. Karena terlalu lama Rama mengejar Kijang Emas, ia pun kuatir terhadap keselamatan Rama. Dewi Sinta meminta Lesmana untuk menyusul Rama di tengah hutan. Sebelum menyusul Rama, Lesmana membuat mantra lingkaran yang melindungi Shinta dari segala bahaya selama dia tidak meninggalkan lingkaran tersebut. Selama Lesmana pergi, Dewi Sinta hanya sendirian di lingkaran mantra Lesmana. Ini merupakan kesempatan Rahwana untuk menculik Dewi Sinta. Dia merubah dirinya menjadi kakek tua yang butuh makan dan minuman menemui Shinta. Dengan segala bujuk dan rayu kakek tua ini, akhirnya Shinta keluar dari lingkaran mantra Lesmana. Melihat kesempatan ini Dewi Sinta langsung diculik oleh Rahwana untuk di boyong ke Kerajaan Alengka.

Ditengah perjalanannya, Rahwana di hadang oleh Jatayu (burung Garuda sakti), dia bertempur dengan Jatayu sambil membawa Dewi Sinta. Awalnya memang Jatayu menang, tapi kemudian Rahwana mengeluarkan senjata pamungkasnya, dan Jatayupun jatuh tersengkur dan di cincang tubuhnya oleh Rahwana. Sebelum mati Jatayu ketemu sama Lesmana dan Rama selepas mengejar kijang emas. Jatayu minta agar arwahnya didoakan masuk surga. Sebelum mati Jatayu juga memberi tahu bahwa Dewi Sinta di culik oleh Rahwana dan dibawa ke Kerajaan Alengka. Didalam taman Asoka Dewi Sinta ditemani oleh Trijata yang merupakan keponakan Rahwana, dia bertugas membujuk Dewi Sinta agar mau di peristri oleh Rahwana. Tapi ternyata Shinta tetap pada pendiriannya, tidak mau dengan Rahwana. Cinta bertepuk sebelah tangan (Galau pooolll) itulah yang dapat dikatakan tentang cinta Rahwana terhadap Dewi Sinta. Walaupun Rahwana cinta setengah mati, ternyata Dewi Sinta tetap mencintai Rama sampai kapanpun, maka Rahwana menjadi sangat galau.

Source https://myimage.id https://myimage.id/sendratari-rahwana-galau/
Comments
Loading...