Seleh Taun Mapag Taun Jawa Barat

0 23

Seleh Taun Mapag Taun

Masyarakat di daerah kampung Cikondang desa Lamajang selalu melakukan tradisi dalam rangka memperingati tahun baru islam yang diselenggarakan pada tanggal 15 Muharram pada tiap tahunnya. Tradisi ini dikenal masyarakat setempat dengan istilah “seleh taun mapag taun” yang bisa diartikan sebagai menutup tahun dan membuka tahun.

Tradisi ini bertujuan untuk bersyukur kepada Tuhan karena dapat melewati satu tahun dengan selamat karena kuasa-Nya. Tidak hanya bertujuan untuk berterima kasih karena itu, biasanya tradisi ini juga sekaligus sebagai pengekspresian rasa syukur atas keberhasilan panen para petani.

Dari tanggal 1-14 Muharram para warga biasanya melakukan persiapan seperti menumbuk beras dan memasak makanan tradisional. Dan sebelum perayaan upacara tradisional ini, biasanya benda-benda pusaka seperti kris, pisau, golok dan lain-lain dibersihkan.

Dalam rangka menjalankan tradisi ini, para warga biasanya berkumpul bersama keluarganya masing-masing, saling menyumbang bahan-bahan makanan untuk diproses oleh ibu-ibu yang bertugas memasak, dan biasanya ada makanan spesial yang dihidangkan seperti renginang, opak, dan tek-tek

Dewasa ini, tradisi ini lebih bertujuan untuk menjalin silaturahmi antar warga sekitar sehingga terwujud keharmonisan dan keselarasan.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Seleh-Taun-Mapag-Taun/
Comments
Loading...