Selamatan Tumpeng Sanga

0 20

Malam hari sebelum upacara pengarakan minyak jamas dilaksanakan, maka di Dalem Kabupaten dan Masjid Agung Demak didahului adanya upacara selamatan berupa ambengan atau tumpeng. Banyaknya tumpeng berjumlah sembilan. Hal ini untuk menggambarkan banyaknya wali, ada sembilan orang yang sudah terkenal dengan sebutan Wali Sanga. Wali Sanga adalah sembilan orang penyebar agama Islam di pulau Jawa, yaitu: Sunan Maulana Malik Ibrahim, Sunan Ampel, Sunan Bonang, Sunan Drajat, Sunan Giri, Sunan Muria, Sunan Kudus, Sunan Kalijaga, dan Suanan Gunung Jati.

Pada malam itu, tumpeng sanga diarak dari dalem. Lalu beriring-iringanlah barisan ini dengan diiringi gending yang mengobarkan semangat para pengawal. Bokor kuning yang berisi minyak jamas siap berangkat dikawal oleh para prajurit Patang Puluhan. Selamatan Tumpeng Sanga itu di laksanakan pada hari raya Idul Adha bertempat di Masjid Agung Demak Tumpeng sanga pada tradisi Grebeg Besar di Demak yang diadakan setiap tanggal 9 Dzulhijah,

Tambahan terakhir dalam perayaan Grebeg Besar Demak adalah dimaksudkan untuk mengembangkan pariwisata daerah, yaitu masing-masing berupa selamatan Tumpeng Sembilan (yang dimunculkan tahun 1972) dan Iring-iringan Prajurit Patang Puluhan, pengawal minyak jamas dari pendopo kabupaten menuju makam Sunan Kalijaga (yang diadakan sejak tahun 1974).

 

Source http://agussiswoyo.com http://agussiswoyo.com/obyek%20wisata/wisata-unik-tradisi-upacara-grebegan-di-kota-demak/

Leave A Reply

Your email address will not be published.