Sejarah Tradisi Kenduri

0 16

Sejarah Tradisi Kenduri

Setiap kali suatu agama datang pada suatu daerah, maka mau tidak mau, agar agama tersebut dapat diterima masyarakatnya secara baik, penyampaian materi dan ajaran agama tersebut harus menyesuaikan diri dengan beberapa aspek lokal, sekiranya tidak bertentangan secara diametris dengan ajaran subtantif agama tersebut. Demikianlah pula dengan kehadiran Islam di Jawa, sejak awalnya, Islam begitu mudah diterima, karena para pendakwahnya menyampaikan Islam secara harmonis, yaitu merengkuh tradisi yang baik sebagai bagian dari ajaran agama Islam sehingga masyarakat merasa “ngeh” atau “enjoy”menerima Islam menjadi agamanya.

Umumnya para pendakwah Islam dapat menyikapi tradisi lokal, yang dipadukan menjadi bagian tradisi yang “islami”. Sehingga apa yang disebut sebagai ritual dan tradisi kenduri kelahiran, pernikahan, dan kematian merupakan tradisi berbentuk asimilasi antara budaya Jawa dengan budaya Islam.

Upacara kenduri yang biasa dilakukan oleh orang Jawa ini merupakan fenomena yang tidak dapat dilepaskan dengan akar sejarah kepercayaan-kepercayaan yang pernah dianut oleh orang Jawa itu sendiri, karena upacara kenduri sudah mendarah daging hingga sekarang. Masyarakat Jawa melaksanakan kenduri dimaksudkan untuk memperoleh keselamatan bagi masyarakat Jawa itu sendiri. Kenduri pada mulanya bersumber dari kepercayaan animisme-dinamisme.

Sejarah awal tradisi kenduri memang masih sangat kabur. Hal ini atas dasar karena kurangnya sumber-sumber terpercaya, yang mencatat secara jelas. Selain itu juga dikarenakan proses transisi dan konversi penduduk Jawa ke Islam bersifat gradual, tidak merata, dan terus berlangsung hingga kini. Oleh sebab itu perlu terlebih dahulu menelusuri tentang asal-muasal dan persebaran Islam di Jawa itu sendiri.

Source http://bazmalla.blogspot.com/ http://bazmalla.blogspot.com/2016/02/sejarah-tradisi-kenduri-di-indonesia.html
Comments
Loading...