Sejarah Tari Serimpi

0 110

Sejarah Tari Serimpi

Tari serimpi berasal dari daerah Surakarta dan Yogyakarta. Tarian serimpi merupakan salah satu tari klasik yang dimainkan oleh beberapa penari wanita cantik dan anggun. Tarian ini menggambarkan kelemah lembutan dan kesopanan, yang di perlihatkan dari gerakan yang pelan dan lembut oleh masing-masing penarinya.

Menurut sejarah dan asal-usulnya, tari serimpi ini sudah ada sejak masa kejayaan Kerajaan Mataram pada pemerintahan Sultan Agung. Saat itu tarian ini merupakan salah satu tarian yang sangat sakral dan mistis. Jadi, tarian ini hanya dimainkan di dalam lingkungan keraton untuk acara kenegaraan dan untuk memperingati kenaikan tahta Sultan.

Karena tarian ini bersifat sakral, penari yang boleh memainkan tarian ini haruslah yang sudah terpilih dari keluarga kerajaan. Jadi, tidak sembarang orang yang bisa memainkan tarian ini. Namun setelah Kerajaan Mataram terpecah menjadi dua bagian yaitu Kesultanan Yogyakarta dan Kesunanan Surakarta, tarian ini pun mulai mengalami perubahan dalam segi gerakan walaupun inti dari tarian ini masih tetap sama.

Tari serimpi dari masa ke masa telah mengalami banyak perkembangan, diantaranya dari segi durasi dan kostum yang digunakan oleh penarinya. Selain itu, tarian ini juga tergolong menjadi beberapa jenis. Nanti kita akan menjelaskan secara lebih detailnya dibawah. Di Kesultanan Yogyakarta, tari serimpi digolongkan menjadi 3 yaitu Tari Serimpi Babul Layar, Tari Serimpi Dhempel, dan Tari Serimpi Genjung.

Sedangkan di Kesunanan Surakarta, tari serimpi digolongkan menjadi 2 yaitu Tari Serimpi Anglir dan Tari Serimpi Bondan. Bentuk kreasi baru dari tarian serimpi Yogyakarta diantaranya adalah Tari Padhelori dan Among Beksa. Pada kreasi tarian serimpi padhelori bertemakan sebuah pertengkaran antara dua orang Dewi yang memperebutkan cinta seorang pangeran.

Tarian ini biasanya dimainkan oleh empat orang yang dibagi menjadi dua dan memerankan Dewi tersebut. Sedangkan tarian kreasi Among Beksa dimainkan oleh delapan orang penari dengan mengambil tema menak. Selain itu ada juga tarian serimpi Cina dan tarian serimpi pramugari. Pada tari serimpi Cina biasanya menggunakan pakaian khas orang China. Dan pada tarian serimpi pramugari menggunakan pistol sebagai propertinya.

Source https://sahabatnesia.com/ https://sahabatnesia.com/tari-serimpi-jawa-tengah/
Comments
Loading...