Sejarah Tari Selendang Pemalang

0 53

Kabupaten Pemalang merupakan salah satu kabupaten di Karesidenan Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Pemalang terletak di jalur pantai utara Jawa Tengah. Kabupaten Pemalang memiliki tarian khas yang diciptakan oleh seniman Kabupaten Pemalang yaitu Tari Selendang Pemalang. Tari Slendang Pemalang berasal dari kata slendang dalam bahasa Pemalang identik dengan kata lendang yaitu perlengkapan yang digunakan untuk menari, sedangkan Pemalang adalah nama daerah atau kota.

Tari tersebut di buat pada tahun 1985 oleh seniman Kabupaten Pemalang yaitu Drs. Koestoro. Menurut Koestoro pada saat itu Kabupaten Pemalang belum memiliki tari identitas. Koestoro merasa terinspirasi untuk mencipta suatu karya Seni Tari yaitu Tari Slendang Pemalang Sampai pada tahun 17 September 2012 Tari Slendang Pemalang mendapatkan SK dari Bupati Pemalang yaitu Bapak Junaedi sebagai tari khas Kabupaten Pemalang. Ide terbentuknya Tari Selendang Pemalang diambil dari sejarah terbentuknya Kabupaten Pemalang. Pada jaman Kerajaan Majapahit.

Sejarah terbentuknya Kabupaten Pemalang memberi penjelasan bahwa ada beberapa daerah yang datang ke Kabupaten Pemalang dan hidup di Kabupaten Pemalang, bermula dari peristiwa sejarah, Kustoro terinspirasi dalam menggarap ragam gerak Tari Selendang Pemalang. Ragam gerak Tari Selendang Pemalang merupakan penggabungan ragam gerak dari beberapa daerah diantaranya ragam gerak Surakarta, Yogyakarta, Banyumas, dan Sunda, hal ini menunjukkan bahwa dahulu kala Kabupaten Pemalang telah di tempati oleh masyarakat daerah lain, dan daerah lain telah membawa kesenian-kesenian yang ada didaerahnya.

Source https://www.plukme.com https://www.plukme.com/post/sejarah-tari-selendang-pemalang-I13kpMi

Leave A Reply

Your email address will not be published.