Sejarah Tari Remo Trisnawati Situbondo

0 55

Sejarah Tari Remo Trisnawati Situbondo

Tari Remo Trisnawati merupakan tarian khas daerah Situbondo, yang biasa ditampilkan sebagai tarian pembuka. Tarian ini menceritakan tentang seorang wanita yang mandiri, mempunyai karakter yang tegas namun tetap lembut. Ragam geraknya yang indah, lincah dan dinamis merupakan perpaduan dari ragam gerak tari daerah Madura, Banyuwangi, dan Situbondo.

Pencipta Tari Remo Trisnawati adalah Trisnawati, yang lahir di banyuwangi 4 maret 1964. Trisnawati lahir dari keluarga seniman. Bu Prapti, ibu dari Trisnawati adalah pemain sandiwara keliling. Masa kecil Trisnawati yang dilalui ditengah-tengah komunitas kesenian itulah yang melahirkan obsesinya untuk menjadi seorang penari. Saat ini, Trisnawati tinggal di desa Panji di Situbondo. Selain sebagai penari remo dan gandrung, dia juga pesinden Banyuwangian, Maduranan juga pemain kendang. Meski terbukti Trisnawati tidak lulus SD, namun dia memiliki konsep yang bagus dan luar biasa dalam berkesenian, bahkan memiliki komitmen-komitmen yang baik dan disiplin.

Istilah Remo Trisnawati muncul pada tahun 1981, saat Trisnawati mengikuti lomba Tari Remo di Surabaya. Remo Trisnawati digunakan sebagai bahan kajian beberapa mahasiswa seni tari, sebagai materi pengajaran di beberapa sanggar tari, bahkan pernah ditampilkan di Istana Negara sampai luar negeri. Selama ini, Trisnawati sebagai pencipta tarian khas Situbondo, belum mendapatkan reward apapun dari Pemerintah Kabupaten Situbondo, hanya diberi janji-janji saja.

Source http://yuiwung.blogspot.com/2015/03/ http://yuiwung.blogspot.com/2015/03/seni-tari-remo-trisnawati-di-situbondo.html
Comments
Loading...