Sejarah Tari Merak Kesenian dari Tanah Pasundan

0 245

Tari Merak ini berasal dari Jawa Barat, lebih tepatnya berada di Daerah Pasundan. Pada tahun 1950-an ada seorang koreografer dari Jawa Barat, yaitu Raden Tjetjep Soemantri. Beliau menciptakan sebuah gerakan-gerakan tari yang dinamakan sebagai tari merak.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa Tari Merak merupakan penerapan dari kehidupan atau tingkah laku seekor burung merak. Gerakan Tari Merak utamanya diambil dari tingkah laku burung merak jantan ketika ingin memikat burung merak betina. Gerakan burung merak jantan yang memperlihatkan keindahan bulu ekornya pada saat ingin menarik perhatian burung merak betina, tergambar jelas dalam tarian merak.

Seiring perkembangan zaman, Tari Merak Jawa Barat telah mengalami beberapa perubahan mulai dari gerakan aslinya. Dalam pementasannya, biasanya tari merak ditampilkan dengan berpasang-pasangan antar penari.

Masing-masing penari berperan sebagai burung merak jantan dan burung merak betina. Dengan musik pengiring gending macan ucul, maka penari mulai menggerakan tubuhnya dengan gemulai layaknya tingkah laku burung merak.

Gerakan-gerakan Tari Merak yang di peragakan oleh para penari sangat indah dan mempesona. Sehingga membuat suasana penuh keceriaan dan keistimewaan tersendiri.

Sehingga tidak heran jika Tari Merak sering sekali digunakan untuk menyambut pasangan pengantin pria atau sebagai hiburan untuk tamu dalam acara pernikahan. Selain itu, tarian merak juga banyak ditampilkan dalam acara-acara, baik yang tingkat Nasional maupun acara yang tingkat Internasional. Hal ini dikarenakan keindahan gerakan dari tarian merak itu sendiri.

Source https://qudsfata.com/tari-merak/ https://qudsfata.com
Comments
Loading...