Sejarah Tari Gatotkaca Gandrung

0 40

Sejarah Tari Gatotkaca Gandrung

Sejarah tari gatotkaca gandrung mulai muncul pada masa pemerintahan mangkunegara V kesultanan Surakarta. Meskipun pada saat itu panggung kesenian di Surakarta mengalami kemunduran karena berkurangnya pemasukan yang disebabkan oleh menurunnya produksi gula.

Namun justru pada era tersebutlah muncul suatu kreasi yang diwujudkan dalam sebuah tarian dengan mengusung kisah Gatotkaca. Keunikan tarian yang ditampilkan secara berpasangan antara tokoh Gatotkaca dan Pergiwa ini terdapat dalam alur cerita yang disajikan.

Gatotkaca yang terkenal sebagai kesatia mandra guna otot kawat balung wesi ternyata juga memiliki sisi romantis dan merasakan gandrung atau jatuh cinta pada lawan jenis. Pada suatu gerakan yang disajikan terlihat Gatotkaca meminggul Pergiwa seolah ingin menunjukkan bahwa dirinya merupakan kesatria kuat dan perkasa.

Tari gatotkaca berasal dari Surakarta dan mulai dikenal pada masa pemerintahan Mangkunegaran V. Itu berarti kemunculan dari jenis tari berpasangan ini berkisar antara tahun 1881 – 1896. Keunikan yang terdapat pada tari khas dari Surakarta Jawa tengah ini terdapat pada gerakan serta properti kostum yang digunakan, yakni berupa pakaian pewayangan layaknya tokoh Gatotkaca.

Source https://www.senitari.com/ https://www.senitari.com/2015/10/sejarah-tari-gatotkaca-gandrung.html
Comments
Loading...