Sejarah Tari Cokek Kesenian Betawi

0 63

Sejarah Tari Cokek Kesenian Betawi

Tari cokek adalah kesenian klasik yang berasal dari Betawi. Jenis tarian yang ditampilkan secara berkelompok ini memiliki gerakan khas. Dengan ciri utama bergerak maju mundur seiring alunan musik gambang kromong yang terdengar. Dalam berbagai kesempatan pertunjukan tari khas dari Betawi ini juga terlihat sebagai pengiring pertunjukan kesenian tari yang bernuansa modern.

Sejarah

Jenis tarian ini diduga kuat merupakan kebudayaan yang berasal dari Tiongkok dan telah dikenal oleh masyarakat pesisir pada kisaran abad XIX. Adalah Tan Sio Kek seorang pedagang dari daratan China yang pertama kali mengenalkan tarian ini pada masa lalu.

Masyarakat pesisir khususnya di daerah Teluk Naga yang secara langsung berinteraksi dengan para pedagang dari negara lain lambat laun mengenal baik tarian yang awalnya dibawakan oleh para wanita ini. Perlahan tarian yang identik dengan gerakan melenggok ini menyebar di berbagai wilayah.

Hingga ke Banten dan Betawi. Namun demikian masyarakat setempat tidak serta merta mengikuti gerakan tari yang dikenalkan oleh Tan Sio Kek melainkan telah menambahkan kebudayaan setempat yakni Banten dan Betawi dalam gerakan dan properti yang digunakan para penarinya.

Menurut beberapa sumber sejarah tari cokek Betawi mulanya dipertunjukan oleh 3 wanita selaku penarinya. Dari awal kelahirannya tarian ini memang sudah terlihat sebagai tarian kelompok yang dimainkan oleh lebih dari satu penari.

Pertunjukan tari cokek modern kerap disajikan oleh lebih dari 3 penari. Pada masa lalu selain dipertunjukkan dalam acara pernikahan dan acara adat lainnya tarian ini juga kerap dijadikan sebagai bentuk sambutan terhadap tamu undangan.

Source https://www.senitari.com/ https://www.senitari.com/2015/10/sejarah-tari-cokek-betawi.html
Comments
Loading...